Nyetir Mobil Malam Hari Terasa Lebih Capek dan Bahaya, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/07/2020, 14:12 WIB
Ilustrasi menyetir melewati terowongan. SHUTTERSTOCKIlustrasi menyetir melewati terowongan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat di malam hari menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh sebagian orang.

Banyak yang memilih melakukan perjalanan di malam hari dengan berbagai pertimbangan, mulai menghindari panas atau pun memilih kondisi jalan yang lebih sepi.

Bagi yang sudah terbiasa melakukan perjalan pada malam mungkin sudah merasa nyaman, karena mengetahui ritme perjalanan yang dilakukan.

Tetapi, bagi yang belum terbiasa kadang dilanda rasa lelah dan juga kantuk berlebih sehingga justru bisa berbahaya saat melakukan perjalanan.

Baca juga: Ini Tandanya Jika Lampu Indikator Airbag Menyala

Benarkan melakukan perjalanan di malam hari lebih berat dibandingkan saat siang hari?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, bahwa anggapan mengemudi di malam hari lebih berat memang benar adanya.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena melakukan perjalanan pada malam hari tidak sesuai dengan siklus tubuh manusia.

Mengemudi malam hari, harus bijaksana!indiandrives Mengemudi malam hari, harus bijaksana!

“Saat malam hari tidak sesuai dengan siklus, malam hari adalah jamnya tubuh manusia untuk beristirahat,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain karena tubuh manusia yang sudah merasakan lelah dan mengantuk, Sony juga mengatakan, ada sejumlah perbedaan ketika mengendarai mobil di malam hari dengan siang hari.

“Saat mengemudi di malam hari rintangan yang dihadapi seperti jarak pandang yang terbatas dan kondisi badan yang kelelahan,” kata Sony.

Baca juga: Pewangi Kabin Bisa Rusak Interior Mobil, Mitos atau Fakta?

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X