Tips Aman Mencuci Motor yang Dilengkapi Soket Pengisian Gawai

Kompas.com - 30/07/2020, 13:22 WIB
Honda Genio KOMPAS.com/GilangHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian kelistrikan biasanya cukup rentan apabila terkena air. Maka itu, tak sedikit yang khawatir saat akan mencuci sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan soket pengisian gawai.

Banyak yang mengkhawatirkan motor akan korslet jika soket tersebut terkena siraman air saat motor dicuci atau dibersihkan. Kenyataannya, soket pengisian gawai pada motor modern cukup tahan air.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Quick Charger di Pusat Kota Jakarta

"Bagian tersebut sebenarnya aman jika terkena air atau bahkan dicuci. Namun, dengan catatan, kondisi motor tidak sedang dihidupkan," ujar Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.Foto: Bayu Nurpatria Letak soket pengisian daya ponsel di Honda Genio dipertanyakan.

Herman menambahkan, saat mencuci, tidak perlu soket pengisian gawai sampai disemprot dengan air. Jika mencuci motor dengan alat penyemprot bertekanan tinggi juga tidak masalah jika posisi soket tertutup.

"Posisi soket charger sebenarnya juga sudah diposisikan oleh pabrikan seaman mungkin. Sehingga, tidak perlu khawatir atau bingung saat membersihkan atau mencuci bagian bagasi motor.

Baca juga: Ragam “Charger” Ponsel Murah untuk Kabin Mobil

Herman menyarankan, jika soket pengisian gawai terkena air atau terendam banjir, boleh dibersihkan. Tapi dengan catatan, dikeringkan dengan lap kering sebelum kontak motor dihidupkan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X