Simpan Gawai atau Powerbank di Bagasi Motor Bisa Sebabkan Kebakaran?

Kompas.com - 30/07/2020, 13:02 WIB
Vespa terbakar di JLNT Casablanca. @humasjakfireVespa terbakar di JLNT Casablanca.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor matik atau skuter matik (skutik) pada umumnya dilengkapi dengan ruang bagasi di bawah jok. Pada beberapa skutik bongsor, kapasitasnya bahkan cukup besar.

Ruang tersebut bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang, seperti helm, jaket, jas hujan, sarung tangan, toolkit, dan benda-benda lainnya.

Baca juga: Honda BeAT Street Tidak Punya Soket Charger

Tak sedikit orang yang menyimpan barang elektronik, seperti gawai atau powerbank di bagasi jok. Dengan anggapan, barang elektronik tersebut akan lebih aman.

Pengendara ojek online mengambil video peristiwa motor terbakar di Terowongan Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim Pengendara ojek online mengambil video peristiwa motor terbakar di Terowongan Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (9/3/2020).

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti smartphone atau powerbank.

"Potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama, jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik," ujar Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Merawat Bagasi Jok Motor yang Ada Soket Charger

Endro menambahkan, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik di bagasi jok adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar saat berada di dalam bagasi.

"Hal tersebut bisa saja terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata atau saat melewati polisi tidur. Oleh sebab itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.