Fitur Perintah Suara DFSK Glory i-Auto Bisa Berbahasa Indonesia?

Kompas.com - 29/07/2020, 09:22 WIB
DFSK Glory i-Auto KOMPAS.com/RulyDFSK Glory i-Auto

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile ( DFSK Indonesia) tak menampik tengah mengembangkan program perintah suara alias voice command berbahasa Indonesia pada fitur i-Talk di model Glory i-Auto.

Upaya ini dilakukan guna mempermudah warga domestik dalam memanfaatkan kelebihan yang ada pada mobil secara optimal. Sebab, kini Glory i-Auto hanya bisa menangkap perintah suara berbahasa Inggris saja.

"Tapi, ini tergantung permintaannya seperti apa. Perintah bahasa Indonesia itu memang masuk development. Kalau permintaannya baik, mungkin pengembangan akan dipercepat," kata Technical Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono dalam diskusi virtual, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Lebih Pintar, Ini Golongan Konsumen yang Dibidik DFSK Glory i-Auto

DFSK Glory i-Auto.Kompas.com/Donny DFSK Glory i-Auto.

Meski demikian, lanjut Sugiartono, perintah berbahasa Inggris yang terpasang pada sistem i-Talk sangat mudah atau basic dan disesuaikan dengan berbagai aksen.

"Dalam pengembangannya, kita tentu mempertimbangkan adanya berbagai aksen. Jadi teknologi yang dipasangkan pada Glory i-Auto sangat canggih, tidak perlu tatanan bahasa yang ribet," ujar dia.

Adapun alasan pihak DFSK Indonesia menggunakan perintah suara berbahasa Inggris pada produk barunya tersebut adalah untuk mempermudah serta mempercepat proses ekspor ke negara tetangga.

"Alasan menggunakan bahasa Inggris karena kita juga mempertimbangkan pasar luar. Kita tidak hanya untuk pasar domestik yang sekarang ini dimasuki oleh DFSK, sebab market ekspor juga dimasuki," ucap Sugiartono.

Baca juga: DFSK Luncurkan Glory i-Auto, Apa Bedanya dengan Wuling Almaz?

DFSK Glory i-Auto resmi meluncur di Indonesia.DFSK Indonesia DFSK Glory i-Auto resmi meluncur di Indonesia.

Sebelumnya, Managing Director PT Sokonindo Automobile Franz Wang menyebut bahwa pihaknya berencana untuk mengapalkan Glory i-Auto ke beberapa negara seperti Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Menurut dia, langkah itu diambil lantaran DFSK Indonesia memiliki peranan penting di kawasan ASEAN. Bahkan, beberapa produk DFSK buatan Cikande, Serang, Banten itu juga disebut telah menembus pasar Afrika.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya adalah positioning dari DFSK ini berakar di Indonesia, kemudian berekspansi ke Asia Tenggara, hingga diekspor ke seluruh dunia. Pastinya, model Glory i-Auto ini akan kami ekspor,” ucap Franz dalam peluncuran virtual Glory i-Auto belum lama ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X