Harley Rancang Sistem Keseimbangan Mandiri, Anti-Jatuh buat Pemula

Kompas.com - 28/07/2020, 15:02 WIB
Harley Davidson kembangkan sistem self balancing Foto: MotoblogHarley Davidson kembangkan sistem self balancing
|

MILWAUKEE, KOMPAS.com - Bobot berat membuat pengendalian Harley-Davidson seimbang di kecepatan rendah. Tapi jika jatuh, maka pengendara akan sulit membangunkan sepeda motor karena berat.

Melalui paten yang bocor, H-D diketahui sedang mengembangkan teknologi self balancing, atau teknologi yang dapat membuat motor tetap seimbang atau tidak jatuh meski dalam kecepatan rendah.

Baca juga: Kenali Gejala Komstir Motor yang Bermasalah

Sistem ini akan sangat berguna untuk para pengendara baru. Sebab motor-motor H-D sebagian besar punya jarak wheelbase panjang dengan tempat duduk rendah, sehingga susah mengontrol di kecepatan rendah.

Harley Davidson kembangkan sistem self balancingFoto: Motoblog Harley Davidson kembangkan sistem self balancing

H-D mengatakan teknologi keseimbangan mandiri ini mampu membuat motor lebih seimbang saat ada momen tertentu. Serta berguna jika motor berhenti sebentar tanpa perlu menurunkan kaki seperti di lampu merah.

Sistem keseimbangan mandiri H-D ini menggunakan perangkat giroskop dengan roda gila yang cukup berat. Sistem akan bekerja saat motor berada dalam kecepatan atau rpm rendah.

Baca juga: Deteksi Kerusakan Motor Injeksi Lebih Mudah Dibanding Karburator?

Cara kerjanya ialah giroskop membaca kemiringan motor saat kecepatan rendah dan memutar motor listrik pada roda gila, yang menghasilkan gaya anti gravitasi.

Sistem keseimbangan tersebut akan berhenti berkerja saat motor sudah memasuki kecepatan tinggi. Keseimbangan dikembalikan pada gaya alamiah yang terjadi saat motor bergerak maju.

Adapun pada kecepatan tinggi sistem keseimbangan itu akan berhenti bekerja. Keseimbangan dikembalikan pada efek giroskop alamiah ketika roda berputar.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X