Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Ketahui Posisi Tutup Tangki BBM di Mobil

Kompas.com - 28/07/2020, 07:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil berbeda-beda. Terkadang ada di sebelah sisi kiri atau kanan, dan biasanya pemilik mobil baru rata-rata kebingungan soal posisi itu ketika hendak mengisi bensin.

Biasanya, yang sering mengalami kejadian ini pengemudi yang merupakan pemilik pemula atau mengendarai mobil pinjaman.

Sehingga, saat hendak melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU pengemudi harus turun dari mobil dan mencari letak tutup tangki.

Kejadian ini sebetulnya bisa dihindari jika sopir membaca buku panduan penggunaannya. Cara lain, tanya ke pemilik mobil, sehingga saat isi BBM tidak perlu repot-repot mencari letak tutup tangki.

Baca juga: Hindari Bonceng Anak di Jok Depan Motor, Bisa Berbahaya

Meskipun hal itu tidak dilakukan, pengemudi sebenarnya bisa mengetahui letak tutup tangki bahan bakar cukup dengan melihat indikator di panel metercluster.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, letak tutup tangki bahan bakar bisa diketahui dengan mudah tanpa harus melihat spion atau turun dari mobil.

Mobil sedang mengisi bensin subsidi.Tribunnews/ Nurudin Mobil sedang mengisi bensin subsidi.

“Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indikator,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi menambahkan, biasanya pada panel indikator terdapat gambar berbentuk dispenser. Pada indikator tersebut biasanya juga ditandai dengan adanya lambang segitiga yang menunjuk ke sisi kiri atau pun sisi kanan.

Lambang tersebut, kata Didi merupakan penunjuk letak tutup tangki bahan bakar. Dengan petunjuk tersebut, sopir tidak perlu turun dari mobil hanya untuk memastikan letak tutup tangkinya.

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Pecah Ban, Salah Satunya Tak Dirawat

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” kata Didi.

Selain bingung mengenai letak posisi tutup tangkinya, Didi juga mengatakan, tidak sedikit yang masih bingung mengenai letak tuas pembuka tutup tangki.

Tuas untuk membuka tangki BBMKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Tuas untuk membuka tangki BBM

Pada beberapa jenis mobil letak pembuka tutup tangki memang berbeda-beda, ada yang berada di bawah kursi pengemudi tetapi ada juga yang berada di dekat dengan tuas pembuka kap mesin.

“Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakan tipe mobil sedan dan Multi Purpose Vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebalahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin,” katanya.

Baca juga: Saat Kondisi Mobil Pecah Ban, Sopir Jangan Langsung Panik

Tetapi, Didi juga mengatakan, ada beberapa jenis mobil yang tidak ada tuas pembuka tutup tangkinya.

“Namun ada juga kendaraan yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium,” tuturnya..

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com