Begini Cara Mudah Ketahui Posisi Tutup Tangki BBM di Mobil

Kompas.com - 28/07/2020, 07:12 WIB
Posisi tutup tangki bensin di mobil Stanly/OtomaniaPosisi tutup tangki bensin di mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil berbeda-beda. Terkadang ada di sebelah sisi kiri atau kanan, dan biasanya pemilik mobil baru rata-rata kebingungan soal posisi itu ketika hendak mengisi bensin.

Biasanya, yang sering mengalami kejadian ini pengemudi yang merupakan pemilik pemula atau mengendarai mobil pinjaman.

Sehingga, saat hendak melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU pengemudi harus turun dari mobil dan mencari letak tutup tangki.

Kejadian ini sebetulnya bisa dihindari jika sopir membaca buku panduan penggunaannya. Cara lain, tanya ke pemilik mobil, sehingga saat isi BBM tidak perlu repot-repot mencari letak tutup tangki.

Baca juga: Hindari Bonceng Anak di Jok Depan Motor, Bisa Berbahaya

Meskipun hal itu tidak dilakukan, pengemudi sebenarnya bisa mengetahui letak tutup tangki bahan bakar cukup dengan melihat indikator di panel metercluster.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, letak tutup tangki bahan bakar bisa diketahui dengan mudah tanpa harus melihat spion atau turun dari mobil.

Mobil sedang mengisi bensin subsidi.Tribunnews/ Nurudin Mobil sedang mengisi bensin subsidi.

“Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indikator,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi menambahkan, biasanya pada panel indikator terdapat gambar berbentuk dispenser. Pada indikator tersebut biasanya juga ditandai dengan adanya lambang segitiga yang menunjuk ke sisi kiri atau pun sisi kanan.

Lambang tersebut, kata Didi merupakan penunjuk letak tutup tangki bahan bakar. Dengan petunjuk tersebut, sopir tidak perlu turun dari mobil hanya untuk memastikan letak tutup tangkinya.

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Pecah Ban, Salah Satunya Tak Dirawat

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” kata Didi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X