Isi Bensin Motor Jangan Sampai Luber, Ada Batasnya

Kompas.com - 26/07/2020, 20:48 WIB
Batas isi bensin motor Kompas.com/Fathan RadityasaniBatas isi bensin motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengisi bensin motor pasti akan selalu dilakukan, apalagi jika kendaraan digunakan harian. Ketika mengisi, beberapa orang memilih agar diisi sampai penuh atau full tank.

Saat diisi sampai penuh, sebenarnya ada batas aman di tangki motor. Ada batas ini befungsi agar bahan bakar tidak terlalu penuh atau sampai luber. Karena jika luber, malah bisa merusak bagian yang ada di sekitar tangki.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, ada batas aman yang terpasang di mulut tangki.

Baca juga: Quartararo Tetap Bisa Pole Position Meski Motor Tak Nyaman

Isi bensin self serviceKOMPAS.com/Ruly Isi bensin self service

Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Batas ini biasa ada pada setiap model tangki motor. Sebenarnya tidak masalah jika sedikit melewati batasnya, selama tidak keluar atau luber. Memang sebagian motor sudah ada saluran di sekitar tangki yang mengalirkan bensin berlebih ke darat atau tanah.

Namun kondisi saluran itu juga harus baik. Jangan sampai ketika bensin yang melewati saluran tersebut malah tercecer kemana-mana. Bensin yang menetes ini yang dikhawatirkan malah bisa menyebabkan motor terbakar kalau ada pemantiknya.

Baca juga: Rantis Pesaing Maung Pindad, Hummer H1 Ini Punya Torsi hingga 1.300 Nm

“Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber, itu saja,” Kata Endro.

Kemudian jika tangki diisi penuh dengan bensin, jangan khawatir soal sirkulasi udaranya. Bagian tutup tangki tersedia lubang agar sirkulasi udara dari dalam tangki bisa lancar. Jadi aman saja jika ingin mengisi tangki sampai penuh.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X