Masih Sepi Peminat, Harga Skutik Bekas 250 cc Mulai Rp 40 Jutaan

Kompas.com - 26/07/2020, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren motor matik atau skuter matik (skutik) sudah mengalahkan motor sport. Banyak pengguna motor sport yang beralih ke skutik, khususnya skutik bongsor dengan kapasitas mesin 250 cc.

Di kelas ini, masih didominasi oleh dua produsen besar, yakni Yamaha dan Honda. Yamaha lebih dulu memperkenalkan Xmax. Setelah itu, baru disusul Honda dengan Forza.

Baca juga: Skutik Bekas di Bawah Rp 10 Juta, Ada Honda Beat Mulai Rp 4,5 Juta

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, skutik 250 cc jarang diminati karena harganya yang relatif masih mahal.

Komunitas Honda Forzadok.Honda Komunitas Honda Forza

"Xmax masih banyak, tapi kalau Forza jarang sekali," ujar Darwin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk Xmax, Darwin menyebutkan, tahun 2018 kisarannya masih ada di angka Rp 50 jutaan. Menurut data yang dikumpulkan Kompas.com dari berbagai situs jual beli online, Xmax tahun 2017 ada yang dibanderol Rp 43 jutaan.

Baca juga: Skutik Bekas di Bawah Rp 5 Jutaan, Mio 2010 Dibanderol Rp 2 Jutaan

Wira Gunawan, dari diler motor bekas Wira Mandiri Motor, di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, untuk Forza harganya lebih mahal dibanding Xmax.

"Forza tahun 2018 masih ada di kisaran Rp 70 jutaan. Kalau yang tahun muda, seperti 2019, bisa Rp 90 jutaan," kata Wira.

Melihat dari berbagai situs jual beli online, Forza tahun 2017 dijual mulai Rp 69 jutaan hingga Rp 76 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.