Jalan yang Tak Memadai Bisa Sebabkan Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 25/07/2020, 07:12 WIB
Kondisi jalan berkelok dan tanjakkan terjal. GUSAD ARIFIANTOKondisi jalan berkelok dan tanjakkan terjal.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di jalan raya terjadi karena banyak faktor. Apabila dibagi berdasarkan data kecelakaan, maka tediri dari dua, yaitu kesalahan manusia dan faktor jalan itu sendiri.

Faktor jalan yang kurang memadai juga bisa jadi malapetaka. Apalagi jalan raya dipakai berbagai jenis kendaraan darat mulai dari mobil, sepeda motor, hingga kendaraan besar seperti bis, dan truk.

Koordinator Jarak Aman Edo Rusyanto, mengatakan ada beberapa faktor jalan yang bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebuah bus transjakarta di koridor IV jurusan Dukuh Atas-Pulogadung menabrak tiang rambu penunjuk jalan di Jalan Pramuka, tepatnya depan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2014) pukul 17.00.TWITTER/@RizkyIctiar Sebuah bus transjakarta di koridor IV jurusan Dukuh Atas-Pulogadung menabrak tiang rambu penunjuk jalan di Jalan Pramuka, tepatnya depan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2014) pukul 17.00.

1. Jalan tanpa rambu

Rambu jalan merupakan patokan aturan. Tanpa ada patokan pengemudi di jalan bisanya akan serampangan. Selain itu, marka jalan juga bertindak sebagai penunjuk jalan. Seperti jalan berbelok, turunan tajam, menikung dan sebagainya.

Edo mengatakan, jalan tanpa rambu ternyata menyumbang angka kecelakaan yang cukup tinggi.

"Data Korlantas Polri, dalam rentang empat tahun, 2014-2018, aspek jalan yang tidak memiliki rambu ternyata berkontribusi sekitar 16,92 persen terhadap total faktor jalan. Tahun itu, tiap hari ada tiga kasus kecelakaan akibat tidak ada rambu,” katanya.

Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).

2. Jalan berlubang

Jalan berlubang bisa jadi memicu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan ganda. Jalan berlubang merupakan momok bagi pengendara sepeda motor terutama saat kecepatan tinggi.

Praktisi keselamatan berkendara pun banyak menyoroti soal jalan berlubang. Mulai dari cara menghindari jalan berluang sampai apa yang harus dilakukan jika terlanjur menghajar jalan berlubang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X