Pengguna Kendaraan di Jateng Diimbau Tak Bepergian ke Zona Merah

Kompas.com - 24/07/2020, 13:42 WIB
Operasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019). Foto: Stanley RavelOperasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Momen Idul Adha pada 31 Juli 2020, diprediksi akan berdampak pada peningkatan kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Tengah ( Jateng).

Kondisi pandemi covid-19 ini, masyarakat pun diimbau lebih berhati-hati saat bepergian dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Terlebih jika warga berkunjung ke tempat saudara atau berwisata ke lokasi yang masuk sebagai wilayah zona merah.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat mengatakan, dalam Operasi Patuh Candi 2020 ini sasaran razia tidak hanya pada kendaraan bermotor saja.

Baca juga: Jenis Pelanggaran yang Diincar Polisi Selama Operasi Patuh Progo 2020

Tetapi juga upaya pencegahan penyebaran virus Corona di wilayah Jateng. Mulai imbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan dan juga tidak berkunjung ke wilayah yang rawan penyebaran Covid-19.

Kepadatan lalu lintas disebabkan pengerjaan proyek Tandon Nusa Loka di Jalan Raya Ciater, Tangerang Selatan, Jumat (16/12/2018). KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Kepadatan lalu lintas disebabkan pengerjaan proyek Tandon Nusa Loka di Jalan Raya Ciater, Tangerang Selatan, Jumat (16/12/2018).

Hal ini untuk mencegah agar warga tidak ikut terpapar virus Corona dan memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

“Meskipun tidak ada larangan untuk berkunjung ke daerah lain, tetapi lebih baik tidak berkunjung dulu. Untuk menghindari agar tidak terpapar covid-19,” ujar Arman kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Arman juga mengatakan, imbauan ini bukan sebagai bentuk pelarangan kepada masyarakat. Tetapi sebagai upaya untuk mencegah semakin meluasnya Covid-19.

Baca juga: Operasi Patuh di Jatim, Ini Jenis Pelanggaran yang Langsung Ditilang

Mengingat, saat masyarakat berkendara dan mengunjungi satu daerah ke daerah lain bukan tidak mungkin berpotensi terkena virus Corona.

Dirlantas pun menyarankan, agar sebelum berkunjung ke daerah lainnya apalagi yang masuk dalam zona merah untuk berpikir kembali.

Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di Jalur Puncak Bogor, Tugus Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di Jalur Puncak Bogor, Tugus Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X