Catat, Perawatan Sepeda Motor Ini Enggak Perlu ke Bengkel

Kompas.com - 24/07/2020, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada sepeda motor tidak harus selalu perlu di bengkel. Ada beberapa jenis perawatan yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, sebagian orang mungkin takut untuk pergi ke bengkel dan bertemu banyak orang, karena tidak ingin tertular virus corona.

Baca juga: Perawatan Sederhana Supaya Performa Mesin Terjaga

Sebagian produsen motor sebenarnya juga sudah memiliki program servis motor di rumah, dengan cara memanggil mekanik ke rumah. Tapi, mungkin akan terasa berlebihan jika melakukan perawatan ringan saja sampai harus memanggil mekanik.

Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.Donnyantoro Hindari kebiasaan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan panas.

"Perawatan yang bisa dilakukan oleh sendiri oleh konsumen, salah satunya adalah mengecek voltase aki untuk memastikan kondisinya bagus," ujar M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam keterangan resminya.

Abidin menambahkan, melumasi rantai motor dan baut dengan pelumas rantai yang sesuai standar atau cairan multi purpose juga bisa dilakukan sendiri untuk mencegah karat.

Baca juga: Simak Manfaat Perawatan Rutin pada Sepeda Motor

Lalu, memeriksa atau menambah air radiator untuk menjaga performa mesin dan mengoptimalkan pendinginan. Selain itu, memeriksa sistem pengereman dan minyak rem untuk menjaga performa rem tetap optimal.

"Melakukan pengecekan sistem signal, seperti lampu, klakson dan kelistrikan lainnya. Selanjutnya, mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal," kata Abidin.

Terakhir, yang paling mudah untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor. Tujuannya untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.