Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Perintah Suara DFSK Glory i-Auto Belum Berbahasa Indonesia?

Kompas.com - 23/07/2020, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDFSK Indonesia baru saja meluncurkan secara resmi Glory i-Auto. Meski menggunakan basis yang sama dengan Glory 580, SUV ini telah membawa sejumlah perubahan. Salah satunya lewat fitur perintah suara atau voice command yang diberi nama i-Talk.

Fitur i-Talk berbahasa Inggris jadi daya tarik utama Glory i-Auto. Setidaknya ada 100 fungsi kontrol suara yang tersambung dengan phone connection, voice navigation, media command, car feature voice control, sampai connectivity.

Franz Wang, Managing Director PT Sokonindo Automobile, mengatakan, fitur perintah suara ini menjaga tangan pengemudi tetap berada di setir. Sehingga keamanan saat berkendara meningkat dan pengemudi bisa tetap fokus selama berkendara.

Baca juga: Hari Ini Operasi Patuh 2020 Digelar Serentak Seluruh Indonesia

DFSK Glory i-AutoKOMPAS.com/Gilang DFSK Glory i-Auto

Melihat fungsinya yang memudahkan pengemudi, sebetulnya fitur ini memiliki peran vital di SUV ini. Namun sayang fitur perintah suara belum menggunakan Bahasa Indonesia, seperti pada pesaingnya, Wuling Almaz.

Menurut Franz, fitur i-Talk yang tersedia pada Glory i-Auto sebetulnya telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Tekonologi i-Talk yang menggunakan Bahasa Inggris diklaim memiliki sensor suara yang dapat mengenali dialek atau aksen bicara konsumen Indonesia.

Baca juga: Daihatsu Rocky Berlabel Perodua Siap Diproduksi Akhir Tahun Ini

DFSK Glory i-Auto resmi meluncur di Indonesia.DFSK Indonesia DFSK Glory i-Auto resmi meluncur di Indonesia.

Sementara itu untuk fitur perintah suara dengan Bahasa Indonesia, menurutnya tengah disiapkan dan saat ini sudah masuk tahap pengembangan.

“Kami sangat antusias dengan fitur i-Talk ini. Sekarang, pada tahap pertama ini memang kami gunakan Bahasa Inggris tapi aksennya disesuaikan dengan Bahasa Indonesia,” ujar Franz, dalam konferensi virtual (22/7/2020).

“Versi Bahasa setelah kami selesai (risetnya) secepatnya kami informasikan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com