Kawasaki Patenkan Sistem Tukar Baterai pada Motor Listrik Endeavor

Kompas.com - 23/07/2020, 15:41 WIB
Motor listrik Kawasaki Endeavor Bennetts.co.ukMotor listrik Kawasaki Endeavor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sudah memamerkan motor listrik buatannya di EICMA 2019 di Milan, Italia. Selain melakukan pengembangan, Kawasaki juga terlihat sudah mematenkan beberapa teknologinya.

Dikutip dari Greatbiker.com, Kawasaki belum lama ini sudah mematenkan teknologi sistem tukar baterai ( battery swap) pada motor listrik Endeavor. Sistem tersebut memang bukan sesuatu yang baru di dunia motor listrik.

Baca juga: Endeavor, Motor Listrik Kawasaki Tawarkan Sensasi Berbeda

Tapi, bukan hanya sekadar baterainya saja yang akan ditukar. Sistem tukar baterai ini termasuk sistem kontrol elektronik yang dibuat menyatu dengan baterai.

Motor listrik Kawasaki EndeavorBennetts.co.uk Motor listrik Kawasaki Endeavor

Kawasaki akan membedakan fasilitas produksi komponen mekanik di tempat yang berbeda dengan baterai dan sistem elektronik yang menyatu. Nantinya, menjadi tugas jaringan diler untuk memasang baterai pada rangka.

Endeavor merupakan gabungan komponen dari Z400 dan Z650. Tapi, dengan balutan full fairing membuatnya terlihat seperti Ninja 400 atau Ninja 1000SX.

Baca juga: Mau Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R, Begini Hitungannya

Sensasi motor sport konvensional masih dapat dirasakan oleh pengendaranya. Sebab, Kawasaki masih menyematkan transmisi manual dan menggunakan rantai untuk menyalurkan tenaga dari motor listrik ke roda.

Belum ada kepastian kapan Kawasaki akan memproduksi motor listrik ini secara massal dan menjualnya ke pasaran.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X