Marquez Nekat Ingin Balapan, Ini Kata Dokter

Kompas.com - 23/07/2020, 13:42 WIB
Alex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANAlex Marquez saat sesi tes pra-musim. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dilaporkan tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk kembali berlaga di MotoGP Andalusia usai sukses menjalani operasi lengan pada Selasa (21/7/2020).

Ambisi Marquez bukannya tanpa alasan, ia menilai bahwa kondisi yang dialaminya tidak begitu parah sehingga waktu pemulihan bisa dilakukan secara cepat. Di samping itu, Marquez tak ingin kembali poin pada MotoGP 2020.

Sebagaimana diketahui, pada seri perdana MotoGP tahun ini yang dilaksanakan di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu, Marquez gagal mencapai finis karena mengalami kecelakaan pada lap ke-22.

Kala itu, ia hendak memperkecil jarak dengan Maverick Vinales yang berada di posisi kedua. Akibat insiden tersebut, Marquez menderita cedera serius dan diperkirakan baru bisa balapan pada seri ketiga MotoGP 2020 di Sirkuit Brno, Ceko.

Baca juga: Operasi Berjalan Lancar, Begini Kondisi Tangan Marc Marquez

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Menanggapi hal ini, Dokter Xavier Mir tak memungkiri bahwa keadaan Marquez kini sudah lebih baik dari yang diharapkan dan diperkirakan bisa memulai pemulihan mulai Kamis (23/7/2020).

"Dia (Marc Marquez) merasa lebih baik dari yang diharapkan karena awalnya memiliki beberapa kekhawatiran tentang cedera pada saraf radial, yang cukup umum ketika seseorang mengalami cedera humerus (tulang lengan) seperti ini," katanya, dikutip dari Crash.net.

"Ini memungkinkan Marc untuk memulai pemulihan mulai hari ini. Dia mulai dengan terapi untuk mengurangi hematoma, dan dia akan melakukan pemulihan pada bahu, siku, pergelangan tangan, dan tangan," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, dr Mir menegaskan bahwa meski cedera Marc Marquez tak sampai pada saraf radial, kemungkinan sang pebalap untuk kembali tampil pada Sirkuit Brno masih di angka 50 berbanding 50.

Baca juga: Marquez Nekat Kembali Beraksi di MotoGP Andalusia?

"Tanpa memengaruhi saraf radial, 'pintunya hanya setengah terbuka' untuk kembali pada Sirkuit Brno. Namun, tetap saja, masih ada kemungkinan dia balapan di sana," ujar dr Mir.

Pada kesempatan terpisah, Direktur medis MotoGP yang menangani Mobile Clinic, Michele Zasa menganggap Mir terlalu optimis soal pemulihan Marquez. Keputusan untuk segera balapan akan berdampak buruk bagi Baby Alien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X