Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Perlu Menyalakan Hazard Saat Ingin Parkir?

Kompas.com - 22/07/2020, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang berjalan di area parkir dan ada tempat kosong, segera mengisi tempat tersebut. Saat ingin masuk ke tempat kosong tersebut, ada orang yang menyalakan lampu hazard, sebagai penanda kalau mobil ingin parkir.

Perlukah menyalakan lampu hazard saat ingin parkir? Atau salah kaprah?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, menyalakan lampu hazard saat ingin parkir tidak perlu dilakukan, tetapi masih ada saja yang mengajarkan untuk melakukan itu.

Baca juga: Cara Menggunakan Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik

Salah kaprah penggunaan lampu hazardwww.team-bhp.com Salah kaprah penggunaan lampu hazard

“Banyak juga kursus mengemudi yang mengajarkan ketika ingin parkir nyalakan lampu hazard. Menurut saya tidak perlu, karena hazard hanya digunakan dalam kondisi darurat di pinggir jalan,” kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Begitu juga yang dikatakan Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. Aturan lampu hazard sudah jelas dan seragam di nasional maupun internasional, hanya diaktifkan ketika bermasalah dan berhenti.

Baca juga: Mobil Keluaran Terbaru Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Parkir dan mundur cukup lampu mundur menyala dan dilakukan dengan perlahan. Pada daerah tertentu yang ramai atau rawan, bisa bunyikan klakson tiga kali,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Marcell dan Sony juga sependapat kalau ingin parkir, boleh saja menyalakan lampu sein ke tempat yang dituju. Sony juga mengingatkan, boleh menyalakan lampu sein selama tidak menyalahi aturan dan dalm kondisi yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com