Apakah Perlu Menyalakan Hazard Saat Ingin Parkir?

Kompas.com - 22/07/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. airportparkingreservations.comIlustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang berjalan di area parkir dan ada tempat kosong, segera mengisi tempat tersebut. Saat ingin masuk ke tempat kosong tersebut, ada orang yang menyalakan lampu hazard, sebagai penanda kalau mobil ingin parkir.

Perlukah menyalakan lampu hazard saat ingin parkir? Atau salah kaprah?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, menyalakan lampu hazard saat ingin parkir tidak perlu dilakukan, tetapi masih ada saja yang mengajarkan untuk melakukan itu.

Baca juga: Cara Menggunakan Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik

Salah kaprah penggunaan lampu hazardwww.team-bhp.com Salah kaprah penggunaan lampu hazard

“Banyak juga kursus mengemudi yang mengajarkan ketika ingin parkir nyalakan lampu hazard. Menurut saya tidak perlu, karena hazard hanya digunakan dalam kondisi darurat di pinggir jalan,” kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Begitu juga yang dikatakan Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia. Aturan lampu hazard sudah jelas dan seragam di nasional maupun internasional, hanya diaktifkan ketika bermasalah dan berhenti.

Baca juga: Mobil Keluaran Terbaru Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan?

Parkir dan mundur cukup lampu mundur menyala dan dilakukan dengan perlahan. Pada daerah tertentu yang ramai atau rawan, bisa bunyikan klakson tiga kali,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Marcell dan Sony juga sependapat kalau ingin parkir, boleh saja menyalakan lampu sein ke tempat yang dituju. Sony juga mengingatkan, boleh menyalakan lampu sein selama tidak menyalahi aturan dan dalm kondisi yang aman.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X