Baru, Skuter Listrik Electro Dilengkapi Sistem Transmisi

Kompas.com - 22/07/2020, 09:12 WIB
Speedometer skuter listrik MAB Electro KOMPAS.COM/STANLY RAVELSpeedometer skuter listrik MAB Electro
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) siap memasarkan skuter listriknya dengan harga kompetitif. Target perusahaan, skuter yang akan menjadi pendamping Gesits ini bakal meluncur dalam hitungan bulan.

Selain tampilan yang memiliki sedikit kemiripan dengan produk keluaran Yamaha dan Honda, Electro juga memiliki beberapa fitur canggih yang ditawarkan. Salah satunya kehadiran semacam sistem transmisi, berupa level penambah percepatan dan tombol parking.

"Kecepatan maksimumnya 80 kpj, tapi pada sisitem penggerak ada pembatasan untuk menambah percepatan seperti pakai gigi transmisi. Lalu untuk safety juga disediakan tombol parking," ucap Direktur PT AMB Kelik Irwantono kepada Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Baca juga: Skuter Listrik MAB Sudah Ditunggu Aplikator Ojol dan Pemda

Fitur penambah percepatan sebenarnya bisa diibaratkan layaknya mode berkendara yang membatasi kecepatan kendaraan, dengan tombol yang diletakan pada sebelah kanan. Saat sedang berkendara santai, pengguna cukup berada pada posisi 1 atau 2.

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Sementara ketika ingin bergerak lebih cepat atau berakselerasi, bisa menempatkannya hingga posisi 3. Meski demikian, karena alasan keamanan maka batas kecepatan tetap tak bisa melebihi 80 kpj.

Untuk fitur parking sendiri diletakan pada gagang kemudi sebelah kiri dengan tombol berwarna hijau. Meski menyandang nama parking, bukan berarti Electro bisa melakukan parkir sendiri, tapi lebih berfungsi sebagai perangkat keamanan.

Tombol Parking pada MAB ElectroKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Tombol Parking pada MAB Electro

Ketika tombol parking difungsikan, motor tidak bisa berjalan walaupun dalam kondisi hidup dan mode berkendara aktif. Bisa diibaratkan seperti dalam kondisi tuas transmisi netral.

"Jadi saat P (parking) diaktifkan, walau mode berkendara sudah masuk posisi 1 atau 2 tetap tidak bisa berjalan meski digas. Ini safety biar pemakainnya tidak main langsung gas saja, karena kan berbahaya apalagi tidak ada suara," ucap Kelil.

Baca juga: Menyapa Electro, Skuter Listrik Lokal Pendamping Gesits

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Selain itu, untuk penunjang keamanan kunci kontak Electro juga sudah menggunakan sistem remote lengkap dengan alarm. Bahkan ke depan, MAB berniat untuk menanamkan GPS untuk memudahkan pemilik memantau kendaraannya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X