Hasil MotoGP GP Jerez: Quartararo Akhirnya Juara, Marquez Menggila Lalu Kecelakaan

Kompas.com - 19/07/2020, 19:42 WIB
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).
|

JEREZ, KOMPAS.com - Absen hampir lima bulan, seri perdana MotoGP 2020 akhirnya digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Fabio Quartararo keluar sebagai juara setelah menaklukan perlawanan Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Ini adalah kemenangan perdana yang diraih Quartararo di kelas MotoGP, atau sejak naik kelas di musim lalu.

Drama dialami Marc Marquez yang sempat memimpin jalannya balapan, dan harus terperosok ke gravel, hingga melorot ke posisi 16. Perlahan Marquez merangkak maju hingga bisa berada di posisi tiga.

Sayangnya, pebalap Repsol Honda itu harus mengalami kecelakaan, di sisa balapan karena mengalami highside, hingga terbanting dengan keras dan gagal menyelesaikan balapan.

Uniknya, ini adalah tikungan yang sama yakni tikungan ke-empat, ketika Marquez melebar di lap awal.

Padahal, kalau saja juara dunia MotoGP musim lalu ini tidak crash, ini akan menjadi aksinya yang paling gila, dengan melibas banyak pebalap dari posisi 16, hingga ke deretan depan.

Jalannya balap di awali Fabio Quartararo yang kehilangan pole position dan tercecer di posisi kelima. Lap pertama dipimpin Maverick Vinales, disusul Marc Marquez dan Jack Miller yang menyodok di posisi ketiga.

Baca juga: Tampil Konsisten, Andi Gilang Raih Posisi ke-20 di Moto2 Jerez

Baru berjalan dua lap, aksi saling susul sudah terjadi antara Vinales dan Marc. Meski pada akhirnya di akhir lap tersebut Marc berhasil unggul dari Vinales dan mulai memimpin jalannya balap.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Di lap ketiga Marc membuat jarak 0,6 detik dari Vinales. Tapi tak lama Marc melebar hingga masuk gravel. Dia masuk tikungan terlalu cepat dan rebah sampai 67 derajat.

Beruntung Baby Alien tidak jatuh karena menahan dengan siku dan lutit , dan masih bisa meneruskan lomba tapi tercecer di posisi ke 16.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X