Kompas.com - 19/07/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi menyalip truk Foto: QuoraIlustrasi menyalip truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian melewati jalan antar provinsi maupun tol, pasti akan menemui yang namanya kendaraan besar dan panjang, bisa berupa truk tronton maupun bus. Bagaimana cara menyalip kendaraan model tersebut?

Truk dan bus memiliki dimensi yang panjang, selain itu titik buta atau blindspot yang dimiliki kedua kendaraan tersebut juga besar. Jadi jika ingin menyalip, harus berhati-hati dan usahakan tetap terlihat oleh pengemudi truk atau bus.

Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika ingin menyusul kendaraan yang besar yaitu, blindspot, kecepatannya dan kondisi lalu lintas.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Moto2 Jerez, Andi Gilang Alami Peningkatan

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

“Pertama pastikan lingkungannya aman, seperti jalanan sepi, rata, lebar, lurus, dan markanya garis putus-putus. Kemudian ambil jarak ancang-ancang yang cukup untuk meminimalisasi blindspot,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Sony menjelaskan, ancang-ancang yang cukup yaitu dengan mendekatkan jarak mobil ke kendaraan yang ingin di salip sekitar tiga detik, sehingga pengemudi bus atau truk masih bisa melihat atau mengurangi blindspotnya.

“Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek spion dan nyalakan lampu sein. Salip dengan segera, kurangi koreksi setir dan gunakan gigi yang tepat untuk menyalip,” kata Sony.

Baca juga: Punya Duit Rp 100 Juta, Pilih Ninja ZX-25R atau Moge Bekas?

Usahakan waktu menyusulnya maksimal 20 detik, kemudian kembali ke lajur kiri. Jika ragu, lebih baik tidak usah disalip. Terakhir yaitu lihat mata pengemudi bus dan truk lewat spion, pastikan mereka melihat kita.

“Apabila matanya melirik ke kendaraan yang menyusul, artinya dia sadar akan keberadaan kita,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.