Pole Position, Fabio Quartararo Targetkan Menang di MotoGP Spanyol

Kompas.com - 19/07/2020, 15:40 WIB
Fabio Quartararo Foto: Instagram/ Fabio QuartararoFabio Quartararo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil mengamankan posisi terdepan pada seri pertama MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pemegang gelar rookie terbaik 2019 tersebut meraih pole position usai mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 36,705 detik, mengalahkan Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Torehan positif ini sekaligus menjadikan Quartararo sebagai pebalap Perancis pemegang posisi terdepan terbanyak di MotoGP. Namun bukan berarti ia tak memiliki tantangan berat.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez, Fabio Quartararo Amankan Pole Position

Fabio Quartararo tes pramusim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia.Foto: Petronas Yamaha Fabio Quartararo tes pramusim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia.

Pasalnya, rekan satu tim Franco Morbidelli itu beberapa kali gagal untuk mempertahankan posisinya hingga penghujung balapan. Banyak faktor yang melandasi, seperti pengalaman, ban, keseimbangan mental, dan lainnya.

"Saya senang bisa menjadi orang Perancis dengan pemegang pole paling banyak di MotoGP. Tetapi fakta yang paling penting adalah saya masih memiliki catatan nol kemenangan," kata Quartararo dilansir GPOne, Minggu (19/7/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi saya akan menaruh fokus ke kemenangan karena itu targetnya, tanpa mengecilkan capaian pole position," lanjut dia.

Baca juga: Quartararo Mengaku Sulit Adaptasi dengan Yamaha M1 2020

Valentino Rossi dan Fabio QuartararoFoto: Getty Images Valentino Rossi dan Fabio Quartararo

Kali ini, Quartararo pun bertekad untuk mempertahankan posisi depan selama balapan berlangsung. Sebab, YZR-M1 miliknya sudah disesuaikan usai mengalami sedikit masalah pada sisi performa.

"Top speed tetap menjadi titik lemah, tetapi kami memiliki poin kuat di sektor lainnya. Saya tidak yakin bahwa prototipe 2020 lebih sulit untuk dikendarai daripada yang 2019," ujarnya.

"Saat melakukan latihan bebas hingga hari ini, saya sudah banyak melakukan improvent untuk menyesuaikan perubahan motor. Sehingga, saya dapat memahami semua yang dibutuhkan," kata Quartararo lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber GPone
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.