Banyak Bus yang Pakai Sasis Tronton, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 17/07/2020, 20:01 WIB
Jetbus 3+ SHD Kompas.com/Fathan RadityasaniJetbus 3+ SHD

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini perusahaan otobus (PO) memiliki armada yang bermacam-macam, mulai dari bus besar sampai maxi. Selain itu, banyak juga yang menggunakan sasis triple axle atau biasa disebut tronton.

Sasis tronton sendiri biasanya berasal dari Eropa, seperti Scania K410iB, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, dan Volvo B11R.

Kemudian harga sasis tersebut juga terbilang mahal, di atas Rp 1,5 miliar, belum lagi biaya untuk membuat bodinya di karoseri.

Lalu apa saja pertimbangan PO memilih sasis tronton untuk armadanya? Padahal bisa saja memilih sasis di bawahnya dengan harga yang lebih murah namun bisa mengangkut penumpang dengan jumlah yang sama.

Baca juga: Ini Lokasi Razia Operasi Patuh Jaya 2020 di Jakarta

bus akap sumaterakaskus bus akap sumatera

Pemiliki PO SAN dari Bengkulu, Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pemilihan sasis tronton memerhatikan dari kapasitas mesin yang besar, konsumsi bahan bakar, dan ketahanan dari mesinnya.

“Kami memilih sasis dengan mesin besar dengan alasan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan ketahanan mesinnya yang lebih panjang. Selain itu sudah disematkan juga teknologi yang bisa memantau karakter dan sikap pengemudinya,” ucap pria yang biasa disapa Sani kepada Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Bus dengan sasis tronton ini juga memiliki dimensi yang besar sehingga bisa memuat penumpang yang banyak dan tetap nyaman. Kalau bus biasa, kapasitas sekitar 40 seat, sedangkan dengan sasis tronton bisa 56 seat dengan toilet.

Baca juga: Ini Daftar 10 Mobil Terlaris Semester I-2020, Brio Taklukkan Xpander

“Bus ini kami bikin untuk pelayanan bisnis AC dengan konfigurasi 2-2. Pangsa pasarnya low end namun dengan sasis premium dan memiliki harga tiket yang terjangkau,” kata Sani.

Sani juga mengatakan, pemilihan sasis tronton juga sebagai persiapan pelayanan maksimal untuk penumpangnya. Mengingat infrastruktur jalan yang semakin baik dengan banyaknya jalan tol.

sasis bus trontonkaskus sasis bus tronton

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya juga mengatakan, sasis bus tronton memiliki rasa berkendara yang lebih nyaman dibanding sasis biasa, apalagi jika perjalanannya melewati jalan tol.

“Sasis tronton lebih anteng daripada yang hanya 2 axle. Tambahan axle ini juga menambah kestabilan,” ucap Dimas kepada Kompas.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X