Bertemu Lubang Saat Mengemudi, Ada Tata Caranya

Kompas.com - 16/07/2020, 11:02 WIB
Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan Indonesia memang tidak semuanya mulus. Beberapa ruas jalan ada saja yang berlubang, sehingga pengemudi harus berhati-hati saat sedang di jalan.

Ketika ingin melibas atau menghindari lubang di jalan, pengemudi tidak boleh langsung mengambil tindakan. Ada cara yang benar dalam menghadapi lubang di jalan, harus mengecek kondisi di sekitar mobil terlebih dahulu.

Training Director & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, ada dua cara sederhana ketika menghadapi lubang di jalan yaitu preventif dan antisipatif.

Baca juga: Pindad Berencana Bikin Mesin Sendiri Ketimbang Comot Merek Lain

Jalan berlubang di Jalan MH Thamrin dekat Patung Kuda, Kamis (10/1/2019).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Jalan berlubang di Jalan MH Thamrin dekat Patung Kuda, Kamis (10/1/2019).

“Preventif yaitu dengan melihat apa ada opsi untuk menghindari lubang tersebut, jika tidak bisa menghindar, maka antisipasi dengan melewati lubang itu secara perlahan,” kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebelum melakukan manuver ke kanan atau ke kiri atau mengerem saat ingin menghindari lubang, cek kaca spion tengah dan melihat ke arah belakang. Karena bahaya lain yang mengintai adalah pengguna jalan lain yang ada di belakang mobil.

Cek kaca spion tengah, spion kanan atau kiri, dan blindspot pada arah yang dituju. Setelah aman baru lakukan manuver,” ucap Jusri.

Baca juga: Wuling Luncurkan Cortez CT Type S, Lebih Murah dari Avanza

Pengecekan harus dilakukan sebelum melakukan manuver. Jika belum aman, jangan lakukan manuver, nanti bisa ditubruk dari belakang atau menyenggol kendaraan yang ada di blindspot.

“Mengecek kaca spion sebelum melakukan manuver hukumnya mutlak dilakukan, termasuk head check dengan menoleh ke kanan atau kiri untuk melihat blind spot,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X