Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2020, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menambah kesan mewah dan nyaman pada kabin mobil, tidak sedikit produsen yang menambahkan sentuhan material kayu di beberapa sudut atau yang kerap disebut dengan wood panel.

Selain menimbulkan kesan mewah, wood panel pada kabin juga menciptakan suasana alam yang membuat pengemudi atau penumpang merasa tenang dan nyaman saat berkendara.

CO Founder DSG (salon mobil), Chandra Feriza Fadly, mengatakan, wood panel memang memiliki perbedaan dengan material interior lainnya.

Interior yang menggunakan material wood panel kerap meninggalkan jejak waterspot atau swirlmark, tetapi bisa dihilangkan dengan cara dipoles” ujar pria yang akrab disapa Eriz kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat yang Punya Garasi Mungil

Perlu diketahui, wood panel sendiri terbagi menjadi dua tipe yaitu pori-pori tertutup dan pori-pori terbuka.

Wood panel dengan pori-pori tertutup menggunakan bahan dasar fiber yang dikombinasi dengan kayu pada bagian terluar serta dilapisi oleh pernis dengan warna glossy.

Interior Lexus LM 350KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Interior Lexus LM 350

Sementara menurut Eriz, wood panel dengan pori-pori terbuka, berbahan dasar kayu secara utuh tanpa dilapisi oleh pernis (open pore).

Baca juga: Ingin Melibas Tanjakan Dengan Mulus, Matikan AC

Untuk merawat wood panel agar tetap indah sebetulnya mudah, yaitu membersihkan secara rutin dengan obat anti jamur dan kompon. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga lapisan terluar wood panel agar tetap indah.

“Tetapi kalau wood panel yang open pore tidak bisa dipoles, dan biasanya tampilan nya juga matte. Jadi, cukup gunakan obat anti jamur dan wood conditioner saja,” kata Eriz.

Kemudian, untuk menjaga wood panel dari jamur sebaiknya pemilik mobil menjaga suhu ruangan antara 20 derajat sampai 25 derajat serta kelembapan kabin.

“Terakhir, ada baiknya jika mobil diparkir pada tempat yang memiliki naungan, jangan sampai langsung terpapar sinar matahari,” ucap Eriz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com