Alasan Mengapa Dilarang Gonta-ganti Merek Oli Mesin

Kompas.com - 11/07/2020, 09:22 WIB
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri. tqnMengganti oli bisa dilakukan sendiri.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap pabrikan kendaraan bermotor pastinya sudah merekomendasikan jenis oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Akan tetapi, tidak semua pemilik kendaraan menggunakan pelumas yang direkomendasikan tersebut sehingga menggantinya dengan merek yang lain.

Terlebih, sekarang ini banyak sekali merek oli mesin kendaraan yang beredar di pasaran, mulai pelumas jenis mineral, sintetik, juga semi sintetik.

Setiap jenis pelumas menawarkan keunggulannya masing-masing salah satunya untuk menjaga performa mobil maupun motor tetap prima.

Baca juga: Ini Lokasi Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban Mobil

Ragam pilihan ini yang kemudian membuat pemilik kendaraan tergiur untuk mengganti tipe oli yang selama ini sudah digunakan.

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, gonta-ganti oli tidak bagus untuk kondisi mesin.

“Masing-masing merek (oli) mempunyai zat aditif yang berbeda beda, bisa membuat sludge ( lumpur) kalau dicampur-campur,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Bambang menambahkan, lumpur tersebut disebabkan karena saat penggantian pelumas tidak semua tidak semua oli akan terbuang keluar dari mesin.

Dengan kata lain masih ada sisa pelumas yang lama tertinggal di dalam ruang mesin.

Baca juga: Kunci Mobil Pakai Teknologi Immobilizer Bisa Cegah Pencurian?

Dalam kondisi tersebut, dapur pacu diisi menggunakan oli dengan jenis atau pun merek berbeda. Hal ini bisa menyebabkan munculnya lumpur atau sludge pada ruang mesin.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X