Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Mesin Utuh Kawasaki ZX-25R si Ninja 4-Silinder

Kompas.com - 27/02/2020, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


KOBE, KOMPAS.com - Setelah hadir perdana di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 lalu, Kawasaki ZX-25R alias Ninja 250 4-silinder kembali tampil pada pameran motor, tepatnya di Museum Bahari Kobe, Jepang.

Menarik, sebab pada pameran kali ini Kawasaki tidak cuma menghadirkan sosok motornya saja tapi juga mesin Ninja 4-silinder secara utuh. Jantung yang jadi senjata Genk Hijau bertarung di kelas sport seperempat liter.

Baca juga: Ninja 250 4-Silinder Hadir di Kawasaki Bike Week 2020

Secara estetika bentuk mesin dari samping mirip-mirip dengan Ninja 250. Bedanya mesin 4-silinder segaris itu terlihat lebih kompak, mulai dari letak crank, main drive, serta sistem pengapiannya.

Kawasaki ZX-25RFoto: Autoby Kawasaki ZX-25R

Meski sudah terlihat secara jelas Kawasaki belum mengungkap spesifikasi lebih rinci. Hanya diketahui mesin 250cc yang memakai 4 piston itu total punya 16 katup.

Dari beberapa literatur, termasuk majalah Jepang Young Machine, menyebutkan kalau tenaganya bisa tembus 45 tk. Meningkat jauh dari saudaranya Ninja 250 Fi 2-silinder yang menghasilkan 38,4 tk.

Baca juga: Honda Bilang Ninja 250 4-Silinder Bukan Barang Baru

Adapun di Indonesia, ZX-25R diprediksi bakal diperkenalkan di acara Kawasaki Bike Week pada 4 April 2020 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta.

Rencana ini terungkap ketika Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis video resmi di kanal Youtube beberapa waktu lalu, yang memperlihatkan sosok Kawasaki ZX-25R si Ninja 4-silinder. 

Kawasaki Bike Week

Kawasaki ZX-25RKOMPAS.com/Gilang Kawasaki ZX-25R

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya sudah tidak malu lagi mengungkap rencana kapan Kawasaki ZX-25R alias Ninja 250 4-silinder bakal hadir di Indonesia.

Lewat video resmi di kanal Youtube, terlihat senjata baru Kawasaki tersebut bakal tebar pesona di acara Kawasaki Bike Week pada 4 April 2020 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta.

Video berdurasi 46 detik itu secara tegas memperlihatkan sosok ZX-25R. Bahkan bagian mesin 4-silinder yang menjadi pamungkas itu menjadi citra yang ditonjolkan menjadi flyer acara.

Kawasaki Ninja ZX-10RKOMPAS.com/Ruly Kawasaki Ninja ZX-10R

Soal keinginan Kawasaki meluncuran ZX-25R sebetulnya bukan hal baru. Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT KMI pernah mengatakan, bahwa pihaknya pasti membawa Ninja 250 4-silinder ke Indonesia.

Pasti dijual. Tapi waktunya kita belum bisa pastikan. Sangat cocok sekali apalagi kita sudah dikejar-kejar terus kapan keluarnya motor itu," kata Michael saat peluncuran W175 TR, akhir November 2019 lalu.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder, diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019Istimewa Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder, diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Adapun teaser kali ini merupakan yang ketiga. Sebelumnya, Kawasaki Indonesia mulai menggoda publik dengan merilis teaser ZX-25R di akun Youtube. Video perkenalan ZX-25R itu diunggah pada 14 November 2019.

Teaser kedua yaitu dengan merilis teaser di akun instagram resmi perusahaanpada Kamis (9/1/2020). Meski tidak ada rincian soal jadwal peluncuran, terlihat sosok ZX-25R dan Ninja Mono saling berhadapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com