Bagian Sakral Mobil yang Tidak Boleh di Modifikasi

Kompas.com - 29/06/2020, 16:01 WIB
Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019. Kompas.com/Setyo AdiDetial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil saat ini memang sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap pemilik kendaraan, namun sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap pemilik mobil ketika ingin memodifikasi kendaraannya, hal ini bertujuan agar pengemudi tetap merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Aturan itu bisa saja soal aksesoris modifikasi yang berhubungan dengan keamanan. Aksesoris tersebut sudah banyak ditemui di pasaran, namun ada kalanya aksesoris tersebut bisa membahayakan pengemudi bila tetap dipasang pada mobil yang dimodifikasi.

Lantas, aksesoris apa saja yang sebaiknya jangan sampai diganti?

Baca juga: Beda Fasilitas Bus Suites Class dengan Sleeper Seat

1. Setir

Contoh setir mobil yang bisa di upgradeKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Contoh setir mobil yang bisa di upgrade

Setir merupakan komponen utama sebuah mobil, yang memiliki fungsi krusial untuk mengendalikan kendaraan.

Oleh sebab itu, sebaiknya pemilik mobil tidak melakukan modifikasi seperti pasang kenob, yang seolah-olah mempermudah pengemudi ketika membelokakkan setir dengan hanya menggunakan satu tangan tanpa berpikir akan bahaya yang mungkin timbul akibat pemasangan kenob tersebut.

Selain itu, mengganti setir mobil versi standar dengan setir yang menyajikan fitur lebih lengkap seperti cruise control atau audio juga sebaiknya jangan dilakukan.

“Sebab, setiap ubahan bisa mengakibatkan tidak bekerjanya salah satu fitur seperti air bag yang sudah tertanam dalam setir. Hal ini tentu bisa mengurangi tingkat keamanan saat berkendara,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM, Didi Ahadi.

2. Kaca film

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X