Plus Minus Duduk di Atas dan Bawah Saat Naik Bus Tingkat

Kompas.com - 26/06/2020, 12:42 WIB
bus tingkat Rico Blogspotbus tingkat

JAKARTA, KOMPAS.com – Tipe bus double decker atau tingkat sudah mulai banyak beredar di Indonesia. Tipe bus tingkat juga memiliki pengalaman naik bus yang berbeda dengan model single deck karena bisa duduk pada posisi yang lebih tinggi.

Kemudian pada bus tingkat biasanya tidak hanya terdiri dari satu pilihan kelas saja. Misalnya pada bus tingkat milik PO Harapan Jaya, pada lantai bawah tersedia dua kursi sleeper atau rebah dan super luxury. Sedangkan di dek atas, tersedia kelas executive.

Jika diperhatikan, kelas yang lebih mewah biasanya ada pada lantai pertama, sedangkan pada dek atas memiliki konfigurasi kursi yang lebih banyak. Mengapa begitu?

Baca juga: Drama Gugatan Motor Tak Wajib Nyalakan Lampu pada Siang Hari Berakhir

sleeper seat harapan jayaKompas.com/Fathan Radityasani sleeper seat harapan jaya

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa pertimbangan kenapa kelas yang lebih mewah pada bus tingkat bukan pada lantai atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama, dek bawah diisi lebih sedikit penumpang, jadi terasa lebih eksklusif. Kedua, penumpang tidak perlu repot turun-naik tangga,” kata Dimas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Selain itu, kursi pada kelas yang lebih mewah biasanya juga lebih lebar. Jadi menggunakan konfigurasi dua kursi di kanan dan satu di kiri (2 – 1) agar masih tersisa ruang untuk orang berjalan.

Baca juga: Toyota Alphard di Balai Lelang Mulai Rp 70 Juta, Termahal Cuma Rp 240 Jutaan

“Alasan terakhir yaitu jika duduk di bawah, body roll bus lebih sedikit terasa dibanding duduk di lantai dua,” ucap Dimas.

Namun memilih duduk di lantai bawah atau atas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika duduk di dek bawah, posisinya lebih rendah, jadi kuang bisa menikmati pemandangan. Lebih cocok untuk orang yang ingin beristirahat.

Sedangkan duduk di dek atas, pemandangannya lebih luas karena posisinya yang lebih tinggi. Kemudian jika duduk di baris depan, bisa melihat pemandangan lebih jelas lagi. Namun kekurangannya yaitu lebih silau karena terik matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.