3 Jurus Bikin Kabin Mobil Tetap Bersih di Tengah Pandemi

Kompas.com - 26/06/2020, 12:01 WIB
Merawat kabin mobil Stanly/OtomaniaMerawat kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa transisi new normal, sebagian masyarakat sudah menjalankan aktivitas menggunakan mobil seperti biasa. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Namun, jangan lupa bahwa pandemi Covid-19 atau virus corona di Indonesia belum selesai. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kabin mobil tetap higienis, seperti menjaga kebersihan filter AC, menggunakan air purifier, dan membersihkan noda di kabin.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip pada Kabin Mobil

1. Membersihkan Filter AC

Menjaga sirkulasi udara kabin mobil bisa dilakukan dengan rajin membersihkan filter AC atau menggantinya dengan yang baru. Sistem pendingin yang bersih akan membuat kebersihan udara di dalam kabin tetap terjaga.

Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil

Kepala Bengkel Spesialis AC Rotary Bintaro Kelvin Ong mengatakan, asap rokok dan partikel debu dari luar dapat memperpendek usia filter AC. Akibatnya, sirkulasi udara tidak sehat karena filter AC tidak dapat menyaring kotoran dengan maksimal.

“Merokok dalam kabin membuat filter AC bekerja lebih keras. Selain itu, membuka kaca sewaktu berkendara juga bikin kabin mobil bakal lebih kotor,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kelvin menambahkan, partikel debu lebih mudah tersedot ke filter, kalau dibiarkan malah bisa merusak evaporator, hingga kondensor dan blower. Makanya, filter AC sebaiknya diganti secara rutin.

2. Menggunakan Air Purifier

Selain menjaga kebersihan interior, pemilik mobil bisa menggunakan air purifier yang banyak dijual di situs jual beli online atau marketplace.

Baca juga: Inovasi Kabin Bus untuk Kenormalan Baru

"Air purifier berfungsi untuk memurnikan udara dengan cara mengeluarkan partikel nano yang dapat membunuh virus atau bakteri," kata Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa di Bintaro, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X