Berniat Modifikasi Interior Mobil, Harus Perhatikan Sisi Keamanan

Kompas.com - 26/06/2020, 11:22 WIB
Tren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalem Foto: IstimewaTren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalem

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini modifikasi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan para pemiliki mobil, karena dinilai dapat mempercantik dan menambah nilai kendaraan.

Modifikasi pada interior mobil dapat dilakukan pada seluruh kabin, mulai dari penggantian bahan jok, karpet, setir, audio, head unit sampai penambah peredam.

Namun, mengubah interior mobil sebaiknya bukan hanya sekedar gaya tetapi harus disesuaikan juga dengan fungsinya.

Pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept, Edy mengatakan, ketika pemilik mobil ingin mengubah atau memodifikasi interior mobil sebaiknya memperhatikan beberapa aspek berikut.

Baca juga: Amankah Ban Pakai Cairan Anti-Bocor?

“Sebelum memutuskan untuk memodifikasi interior mobil, sebaiknya pemilik memikirkan dulu aspek kebutuhan dan fungsinya. Sampai sebatas mana kebutuhannya mereka dan sebesar apa fungsi yang didapatkan, bukan sekedar gaya,” ujar Edy saat dihubungi tim Kompas.com belum lama ini.

Motif Pinto Aceh kini dihadirkan sebagai asesoris pada jok mobil yang kini tengah diperkenalkan pada konsumen di Banda AcehDaspriani Y Zamzami Motif Pinto Aceh kini dihadirkan sebagai asesoris pada jok mobil yang kini tengah diperkenalkan pada konsumen di Banda Aceh

Seperti contoh, ketika ingin memodifikasi jok mobil Edy selalu bertanya seperti apa kebutuhan konsumennya.

“Biasanya kita tanya dulu kebutuhannya apa, masalahnya dimana, kemudian baru kita kaji. Misal, konsumen mengeluhkan jok yang tidak enak ketika diduduki, pinggangnya terasa sakit. Baru kemudian kita cari tahu sumber sakitnya dimana, supaya kita bisa upgrade agar lebih nyaman, bisa dengan ganti bahan atau busanya,” ujar Edy.

Baca juga: Ingat, Kelebihan Muatan pada Kendaraan Berpotensi Gugurkan Asuransi

Selain itu Edy menjelaskan, modifikasi yang baik atau proper tidak akan mengurangi fungsi dan keamanan dari kendaraan.

“Misalnya memodifikasi setir, hanya dilakukan pada lingkar setir. Pada bagian tengah tidak akan diubah sama sekali, karena hal tersebut akan mengganggu kinerja airbag. Sebaiknya pada bagian tersebut juga menggunakan bahan yang tidak licin, seperti kulit atau suede,” tambahnya.

Bila hanya mengandalkan selera tanpa memikirkan mana yang tepat, maka hasil modifikasi yang dilakukan akan sia-sia.

Oleh sebab itu, pemilihan tema yang baik dan diikuti dengan jenis mobil juga paduan warna yang akan digunakan harus diperhatikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X