Amankah Ban Pakai Cairan Anti-Bocor?

Kompas.com - 25/06/2020, 19:32 WIB
Kode ukuran di dinding ban mobil GridOto.comKode ukuran di dinding ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan penggantian ban mobil, biasanya pemilik kendaraan akan ditawarkan untuk menggunakan cairan anti bocor.

Cairan ini dianggap bisa membuat ban tubeless semakin sulit untuk bocor. Sebab, klaim dari cairan tersebut bisa menambal sendiri lubang pada ban yang terkena benda tajam.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, mengatakan, boleh saja hal tersebut dilakukan, selama cara pakainya benar.

Baca juga: Sulit Oper Gigi Mundur di Mobil Manual, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi proses spooring ban mobilliveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil

“Misal setelah diisi cairan, kendaraan harus dijalankan dalam jarak tertentu, sehingga cairan merata keseluruh bagian dalam ban dan menempel dengan sempurna,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/6/2020).

Sebab, menurut Zulpata, penggunaan carian yang tidak benar bisa mengganggu kinerja ban. Ini karena ada objek lain yang masuk kedalam ban, dalam hal ini objek yang dimaksud adalah gel yang berada dalam ruang ban.

Baca juga: Masa Pandemi, Mobil Bekas Taksi Masih Diminati

“Kalau tidak diikuti dengan cara yang benar akan terjadi gumpalan di satu sisi. Akhirnya akan menyebabkan getaran atau vibrasi ketika ban dijalankan,” katanya.

Tidak hanya itu, cairan yang berwujud gel juga berpotensi menyumbat pentil ban. Potensi itu bisa timbul dari cara pemakaiannya yang masukan melalui pentil, jika tidak mengalir semua maka akan jadi penyumbat jalur pentil.

Oleh karena itu, Zulpata menyarankan penggunaan cairan anti bocor pada ban harus sesuai dengan prosedur agar tidak terjadi hak yang diingkan ketika berkendara.

"Jangan lupa, setelah itu lakukan juga cek keseimbangan pada ban mobil (spooring balancing)," ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X