Apa Perlu Pasang Peredam Tambahan Pada Lantai Mobil?

Kompas.com - 25/06/2020, 11:02 WIB
Karpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan Dok. Otomotif GroupKarpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet lantai pada kabin mobil memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi pentingnya adalah sebagai peredam bagian dalam kabin mobil.

Tetapi biasanya material karpet terbuat dari beludru kasar, sehingga membuat bahan tersebut gampang menempel kotoran dan sulit untuk dibersihkan.

Service Manager Auto2000 Jatiasih Danang Pinandhitio mengatakan, sejak mobil dibeli dari diler, karpet lantai termasuk perangkat bawaan.

Baca juga: Ingat, Jago Berkendara Bukan Berarti Bisa Ngebut di Jalan Raya

Salah satu jenis karpet mobil yang sudah dijual dengan harga diskon pada penyelenggaraan IIMS 2018, Jumat (27/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu jenis karpet mobil yang sudah dijual dengan harga diskon pada penyelenggaraan IIMS 2018, Jumat (27/4/2018).

“Fungsinya adalah menampung kotoran yang jatuh ke bawah. Pada umumnya terbuat dari tiga jenis yaitu material beludru, serat atau sintetis,” ujar Danang kepada Kompas.com.

Danang melanjutkan, bahwa setiap mobil memiliki peredam yang berbeda, seperti contoh untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Baca juga: Jangan Hidupkan atau Matikan AC Saat RPM Mesin Tinggi

Mobil LCGC biasanya memiliki kandungan bahan lokalnya yang lebih banyak dibandingkan dengan non LCGC. Hal ini bisa disebabkan karena harga jual mobil terbilang lebih murah,” ujar Danang.

Untuk penggunaan karpet tambahan biasanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Penambahan karpet pada mobil diharapkan bisa melindungi dasar karpet dari berbagai kotoran serta mempercantik kabin.

Namun Danang juga mengingatkan untuk memperhatikan keselamatan saat menggunakannya.

“Ada beberapa desain produk yang dapat mengganjal pedal gas dan membuat putaran mesin menjadi tidak terkontrol. Sebab itu harus diperhatikan pemilihan karpet untuk keamanan dan kenyamanan pengguna,” ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X