Alasan Kenapa Motor Harus Pakai Kampas Rem Orisinal

Kompas.com - 20/06/2020, 15:25 WIB
Rem Cakram pada motor Rem Cakram pada motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem pengereman pada sepeda motor merupakan hal yang penting. Jika sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik, bisa menyebabkan kecelakaan.

Sistem pengereman pada motor yang ada di Indonesia biasanya cakram pada bagian depan dan tromol di belakang.

Kedua sistem pengereman tersebut tentunya menggunakan kampas rem yang berfungsi menekan cakram atau tromol agar bisa mengurangi kecepatan.

Melihat dari fungsinya yang penting, tentunya memilih kampas rem tidak bisa sembarangan. Jika menggunakan suku cadang yang bukan orisinal, tentunya ada efek yang membuat performanya menurun.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Setir Tidak Lurus Saat Parkir Bikin Rusak Power Steering?

Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh digantiOtomania/Setyo Adi Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh diganti

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur mengatakan, ada beberapa efek yang dirasakan jika menggunakan kampas rem yang bukan orisinal.

“Beberapa kasus efeknya membuat rem kurang pakem. Kemudian usia pakainya juga lebih singkat karena materialnya yang lebih empuk,” kata Gofur saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/6/2020).

Gofur juga menambahkan, jika memakai kampas bukan orisinal, ban akan terasa seret. Ketika dipakai jalan, ban akan terasa tertahan, sehingga kurang nyaman.

Baca juga: Beredar Foto Skutik Mirip Yamaha Nmax, Ternyata Asal Negara Tetangga

Sementara itu menurut Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin, efek lainnya yaitu tromol atau cakram bisa rusak karena penggunaan kampas yang tidak orisinal.

“Kampas yang palsu bisa membuat tromol dan cakram lebih cepat aus karena bahannya yang lebih keras. Efek yang terakhir yaitu rem akan cepat panas dan menimbulkan hilangnya daya pengereman secara terus menerus atau disebut dengan istilah fading,” ucap Mamal kepada Kompas.com.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X