Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ground Zero Garap Proyek Kolaborasi Audio Kelas Dunia di Indonesia

Kompas.com - 19/06/2020, 18:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ground Zero GmbH Jerman dan Cartens Autosound Indonesia mengerjakan proyek prestisius pertama di dunia untuk audio mobil, Ground Zero Reference Car.

Melibatkan tiga tokoh ternama, yakni Peter Flodkvist (Ground Zero International), Andreas Tjahjadi (Ground Zero Indonesia), dan Edy Susanto (Cartens Autosound Indonesia), nantinya sistem audio mobil tersebut digunakan sebagai referensi kelas dunia.

"Ini pertama kalinya ada tim yang berkolaborasi menyatukan pemikiran tiga orang untuk menciptakan sistem audio yang dipergunakan sebagai referensi kelas dunia," kata Founder Cartens Autosound, Edy Susanto dalam keterangan resminya, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Layanan Servis Ringan Mobil di Rumah, Ini Kisaran Harganya

IlustrasiGround Zero Reference CarKOMPAS.com/Ruly IlustrasiGround Zero Reference Car

"Bukan hanya semua komponen merek Ground Zero yang dipilih secara cermat, namun dari desain awal, plot, sampai semua prosedur pemasangan kita perhatikan dan lakukan dengan seksama,” lanjut dia.

Sebagai informasi, Peter Flodkvist telah berkecimpung lebih dari 30 tahun di industri audio mobil, bekerja di berbagai perusahaan multinasional dan merek internasional terkemuka di dunia.

Peter memilki pengalaman panjang soal pengembangan teknis produk maupun tata suara pada kendaraan roda empat. Ia juga merupakan salah satu car audio installer yang berperan membawa mobil-mobil menjuarai berbagai kompetisi audio berskala internasional, seperti EMMA Europe Final dan IASCA World Final.

Baca juga: Modifikasi Honda Supra GTR Dicangkok Mesin 250 cc 2-Silinder

Ground Zero Reference CarKOMPAS.com/Ruly Ground Zero Reference Car

Sementara Andreas Tjahjadi bukan orang baru dalam dunia car audio di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, ia sudah membangun dan membesarkan puluhan merek di Indonesia. Andreas merupakan pemegang gelar tertinggi kontes EMMA Asia selama 5 tahun berturut-turut.

Proyek bersama ini direncanakan melalui 11 tahap fase penyelesaian. Di mana setiap fase memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri.

Desain box subwoofer, box midbass, peredaman di keseluruhan bagian mobil, penjaluran kabel power dan speaker, instalasi hampir semua bagian mobil sampai tahap final yaitu tuning.

Ground Zero Reference Car rencananya bakal dipamerkan pada pemaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di ICE BSD, Tangerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com