Mau Hemat Urus Mobil, Jaga Rem Mobil Saja Dulu

Kompas.com - 18/06/2020, 09:22 WIB
Rem mobil matik Stanly/OtomaniaRem mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona, selain menjaga kesehatan, penting juga untuk berhemat. Salah satu cara berhemat bisa dilakukan dengan menjaga komponen rem mobil.

Dengan menjaga komponen rem, maka usia pakainya menjadi lebih panjang. Sehingga, pengeluaran juga bisa tertunda untuk penggantian komponennya. Selain itu, mobil juga tetap nyaman dikendarai.

Baca juga: Jurus Jitu Kampas Rem Mobil Matik Jadi Awet

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, ada beberapa hal sederhana yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

"Usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nurrahman menambahkan, gunakan suku cadang asli, karena spesifikasinya sesuai. Sehingga, tidak mengakibatkan bunyi ataupun disc brake terkikis.

Baca juga: Rem Mobil Bergetar saat Diinjak, Apa Penyebabnya?

"Jangan sering menekan pedal rem bersamaan dengan gas sekaligus, di mana ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi otomatis," kata Nurrahman.

Selain itu, penting juga untuk memastikan kualitas dan kuantitas minyak rem. Tujuannya agar efektivitas dan efisiensi pengereman baik, dan spesifikasinya juga sesuai dengan yang dibutuhkan.

Untuk penggantian rutin sendiri, kanvas rem untuk matik sendiri umumnya pada 20.000 km sekali atau satu tahun, sedangkan manual 40.000 km atau dua tahun. Namun, itu tak bisa jadi patokan, masih tergantung dari pemakaiannya sendiri atau cara berkendara.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X