Jurus Jitu Kampas Rem Mobil Matik Jadi Awet

Kompas.com - 05/06/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi matik saat ini kerap menjadi pilihan oleh konsumen otomotif. Sebab, bisa membuat pengemudi lebih santai dalam berkendara tanpa perlu repot memindahkan transmisi atau menggerakan kedua kaki.

Meski demikian, ternyata ada konsekuensi dibalik kemudahan tersebut. Mobil bertransmisi matik dinilai lebih boros dalam penggunaan kampas rem.

Alasannya, karena pemakaian rem pada mobil bertransmisi matik jauh lebih aktif dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, ada beberapa cara untuk membuat kampas rem tidak cepat habis. Tetapi, yang paling penting pastikan kampas rem yang digunakan adalah orisinal.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Simpan HP di Bawah Jok Motor Bisa Meledak?

“Kemudian, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala. Karena ampas dari kampas rem pasti mengotori area tersebut, maka dari itu harus selalu dibersihkan,” ujar Anjar kepada Kompas.com di Jakarta.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Selain itu, pengemudi yang memiliki kebiasaan agresif ketika berkendara juga bisa membuat kampas rem cepat habis.

“Mengemudi secara agresif itu cenderung gas rem gas rem, pola penekanan gas nya cenderung kencang. Hal ini juga bisa membuat kampas rem cepat menipis,” ujar Anjar.

Baca juga: Pakai Helm Full Face Lebih Baik Pakai Balaclava

Kebiasaan lain pemilik mobil yang bisa membuat kampas rem cepat habis adalah, lebih suka menahan pedal rem dengan kaki dibandingkan mengaktifkan rem tangan saat berhenti. 

“Ketika berada di tengah kemacetan, sebaiknya menggunakan rem tangan dan pastikan posisi tuas di netral (N). Jadi, ketika kendaraan maju tidak akan ada gesekan yang terlalu berat antara cakram dan kampas rem,” kata Anjar.

Terakhir, Anjar mengingatkan untuk menggunaan minyak rem yang kondisi dan kualitas nya bagus, jadi bisa memaksimalkan fungsi dari kampas rem itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.