Selalu Membawa Benda Ini saat Berkendara di New Normal

Kompas.com - 17/06/2020, 18:22 WIB
Ilustrasi berkendara. ThinkstockIlustrasi berkendara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini beberapa daerah sudah menerapkan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Beberapa sektor usaha dan jasa pun sudah kembali beroperasi.

Tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk menggunakan kenrdaraan pribadinya dalam melakukan berbagai kegiatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengemudi saat berkendara di new normal.

Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika Daniel Bramantyo, mengatakan, dalam menghadapi masa transisi PSBB seperti ini, sebaiknya para pengemudi selalu siaga untuk melindungi dirinya dari virus Covid-19.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Alasan Standar Samping Motor Ada di Kiri

Salah satunya adalah dengan membawa sarung tangan plastik yang sekali pakai.

"Benda ini akan berguna ketika pengemudi ingin memberikan uang parkir kepada petugas, atau transaksi apapun yang tidak bisa menggunakan non tunai, misal, bayar pakir di minimarket. Jadi setelah digunakan bisa langsung buang,” kata Daniel saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Ilustrasi berkendara saat new normalSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara saat new normal

Kemudian, Daniel menyarankan, pengemudi wajib untuk selalu membawa handsanitizer dan tisu antiseptik food grade.

“Jika tidak bisa membawa plastik, pengemudi bisa langsung menyemprot tangan dan uang dengan handsanitezer setelah melakukan interaksi dengan orang lain atau menyentuh permukaan benda asing,” katanya.

Baca juga: Menanti Kehadiran Generasi Baru Nissan X-Trail ke Indonesia

“Sedangkan, tisu antiseptik berguna untuk membersihkan tangan terutama sebelum makan, sebab di mobil akan sulit untuk cuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun,” lanjut Daniel.

Daniel melanjutkan, tisu antiseptik yang digunakan memang sebaiknya yang sudah food grade yang formulanya sudah dipastikan aman untuk tangan dan mulut.

“Sebab ada beberapa tisu antiseptik yang kandungannya tidak aman jika langsung masuk kedalam mulut,” katanya.

Terakhir Daniel mengingatkan, pengemudi tidak lupa membawa masker cadangan untuk berjaga-jaga jika masker yang digunakan hilang atau kotor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X