Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kehadiran Generasi Baru Nissan X-Trail ke Indonesia

Kompas.com - 17/06/2020, 13:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan resmi menluncurkan generasi baru dari X-Trail untuk pasar Amerika Serikat. Mobil yang hadir sebagai sport utility vehicle (SUV) ini datang dengan nama Rogue dan telah mendapat perubahan signifikan dari beragam sektor.

Tak seperti model yang ada saat ini, konsep X-Motion yang digunakan saat ini justru mengarah ke tampilan kotak seperti versi lawasnya. Hadirnya sisi gril V-motion juga menambah kesan modern dan tangguh dari tampilan depannya.

Dengan segala pembaruan yang dimiliki, pertanyaannya adalah kapan generasi baru X-Trail ini dipasarkan ke Indonesia ?

Baca juga: Meluncur Agustus di Indonesia, Simak Spesifikasi Nissan Kicks e-Power

Hal ini cukup menarik, apalagi Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah memberikan informasi akan lebih fokus menjajakan produk SUV, MPV, dan beberapa kendaraan elektrifikasi.

Ketika mengkonfirmasikan hal ini, Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi mengatakan, bila X-Trail generasi baru merupakan salah satu model yang masuk dalam rangkaian studi untuk NMI.

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

"X-Trail merupakan salah satu ikon SUV bagi Nissan, jadi tentu saja itu masuk dalam bagian studi kami juga. Tapi untuk hari ini, kami tidak ada informasi yang bisa diberikan soal X-Trail generasi baru," kata Sekiguchi kepada Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut Sekiguci menjelaskan bila Nissan sudah memiliki rangkaian line-up baru untuk pasar Indonesia.

Secara strategi, Nissan pun tak lagi mengejar market share, namun lebih konsentrasi ke pengembangan merek dan produk-produk yang diminati konsumen Indonesia, layaknya SUV dan MPV.

Baca juga: Nissan Memastikan Komitmen Bertahan di Indonesia

Nissan X-Trail 2021Motor1 Nissan X-Trail 2021

Sekadar informasi, X-Trail generasi baru datang dengan kemasan yang lebih proposional sebagai sebuah SUV. Selain visual luar, kemasan dalam pun juga turut berubah dengan sentuhan lapisan kulit jok yang serba cokelat yang dikombinasikan kelir hitam.

Bicara soal kelapangan kabin untuk menunjang sisi kenyamanan juga makin terdongkrak melalui dimensinya yang diklaim lebih panjang dari model sebelumnya. Hanya saja, untuk model terbaru Nissan lebih memilih konsep lima penumpag.

Sementara untuk teknologi, sudah banyak fitur modern yang disematkan. Mulai dari drive assist yang jadi perlangkapan standar sampai semi-otonom ProPilot yang terinstal pada vairan SL dan Platinum.

Baca juga: Nissan Luncurkan X-Trail Terbaru, Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

Nissan X-Trail Rogue 2021https://www.autocar.co.uk/ Nissan X-Trail Rogue 2021

Untuk urusan dapur pacu, X-Trail menggunakan mesin baru dengan kode PR25DD berkubikasi 2.500 cc. Berdasarkan data, mesin tersebut mampu mengolah tenaga hingga 181 tk dan torsi 245 Nm yang ditransver ke transmisi CVT melalui pilihan penggerak AWD dan FWD.

Sedangkan untuk harga, Nissan X-Trail Rouge yang akan mulai dipasarkan pada musim gugur 2020 ini diperkirakan mencapai 26.000 sampai 40.000 dollar Amerika Serikat. Bila dicairkan kira-kira sebesar Rp 366 juta hingga Rp 564 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com