Mengenal Sekat Pemisah Antara Pengemudi dan Penumpang Bus

Kompas.com - 17/06/2020, 18:01 WIB
Sekat antara pengemudi dan penumpang bus Happy BusSekat antara pengemudi dan penumpang bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika bepergian dengan bus antar kota antar provinsi (AKAP), terkadang di kabinnya ada sekat pemisah antara tempat pengemudi dan penumpang. Biasanya juga ada pintu di tengahnya serta kaca bening untuk melihat jalan dari bagian penumpang.

Namun ada juga bus yang tidak menggunakan sekat tersebut, jadi tidak ada yang memisahkan antara ruang kemudi dan tempat duduk penumpang. Lalu apa fungsi sebenarnya dari sekat yang ada pada bus?

Marketing Staff dari Karoseri Tentrem di Malang, Dimas Raditya mengatakan, adanya sekat tersebut ditujukan untuk kenyamanan bagi kru bus ataupun penumpang.

Baca juga: Nissan Luncurkan X-Trail Terbaru, Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

Sekat antara pengemudi dan penumpangkabarpenumpang.com Sekat antara pengemudi dan penumpang

“Salah satu fungsinya yaitu bisa menjadi smoking room di bagian depan bus. Adanya sekat juga bisa membantu mengurangi asap rokok yang masuk ke bagian penumpang,” kata Dimas kepada Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Smoking room ini bukan hanya ditujukan untuk pengemudi ataupun kru, penumpang yang ingin ikut merokok juga diperbolehkan. Selain itu adanya sekat ini juga bisa mengurangi bahaya ketika terjadi kecelakaan.

Sekat ini menggunakan rangka besi kemudian dilapis dengan plastik ABS dan pakai kaca tempered. Kalau bagian depan bus menabrak, pecahan kaca enggak sampai kena langsung ke penumpang,” ucap Dimas.

Baca juga: Mengapa Dilarang Memberi Tip kepada Petugas Parkir di Mal?

Kemudian pengemudi juga bisa lebih konsentrasi ketika mengemudi, tanpa adanya gangguan dari penumpang. Namun bus dengan sekat ini juga ada kekurangannya, yaitu pemandangan penumpang ke depan sedikit terganggu.

“Untuk penumpang yang senang duduk di hot seat atau kursi paling depan, pemandangannya agak terhalangi oleh sekat,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X