Tips Parkir Mobil yang Aman di Mal Saat Masa New Normal

Kompas.com - 17/06/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. airportparkingreservations.comIlustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 80 mal di Jakarta kembali dibuka sejak Senin 15 Juni 2020. Sempat ditutup karena pandemi Covid-19, kini mal kembali boleh beroprasi dengan ketentuan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir menuntut kita untuk lebih waspada ketika berada di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau mal.

Oleh sebab itu, pengelola dan pengunjung mal wajib menerapkan protokol tersebut guna menghindari penyebaran virus.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Ketua Indonesia Parking Assosiation (IPA) Rio Octaviano, bahwa beberapa mal di Jakarta sudah menggunakan teknologi touchless button untuk menghindari penyebaran virus.

Baca juga: Tes Covid-19 Dinilai Kurang Efektif untuk Ajang Balap Nasional

“Jadi, setiap pengunjung hanya perlu lambaikan tangannya ke sensor tanpa harus menekan tombol untuk mendapatkan karcis parkir,” ujar Rio kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Petugas keamanan memeriksa mobil sebelum masuk area parkir mal Teras Kota, Kota Tangerang Selatan, Selasa (5/9/2017). Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberlakukan kenaikan tarif parkir baru bagi kawasan pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga penitipan kendaraan di sekitar terminal dan stasiun.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Petugas keamanan memeriksa mobil sebelum masuk area parkir mal Teras Kota, Kota Tangerang Selatan, Selasa (5/9/2017). Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberlakukan kenaikan tarif parkir baru bagi kawasan pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga penitipan kendaraan di sekitar terminal dan stasiun.

Begitupun saat bayar parkir, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggunakan uang tunai dan tidak ada kontak fisik dengan petugas parkir.

Dokter umum Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, sebaiknya masyarakat menggunakan alat bantu seperti tongkat e-toll ketika bayar parkir untuk menghindari kontak fisik secara langsung.

Baca juga: Alasan Pemotor Harus Turun saat Isi Bensin di SPBU

“Jika memang tidak punya, pengemudi wajib menyediakan handsanitizer. Jadi, setiap memegang benda atau sesuatu tinggal semprotkan handsanitizer tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu saja, saat parkir di basement usahakan pemilik mobil mencari tempat yang terang, atau dekat dengan pintu masuk.

“Pastikan juga kondisi sekeliling aman, dan tidak ada yang mencurigakan sebelum keluar dari mobil. Sebab, saat seperti ini beberapa tempat masih sepi dan kejahatan meningkat. Ini hanya sebagai langkah preventif saja,” ujar Training Director Safety Defensive Consultant, Sonny Susmana kepada Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Terakhir Sony menyarankan, apabila pengemudi ragu untuk mengemudi di era new normal ini lebih baik menggunakan taksi online untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X