Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler Motor Bekas Mulai Buka, Penjualan Diklaim Membaik

Kompas.com - 17/06/2020, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com.com - Masa PSBB transisi menuju situasi new normal, mulai berpengaruh pada penjualan sepeda motor bekas. Bursa motor bekas yang lesu di awal pandemi Covid-19, kini mulai membaik.

"Sedikit sudah mulai ada penjualan tapi belum normal," kata Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta kepada Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Tak Bisa Test Ride, Begini Tips Cari Motor Bekas di Bursa Lelang

Peningkatan omzet diakui Yosia mulai terjadi ketika dia mulai kembali membuka toko pada awal Juni 2020 setelah PSBB transisi.

"Mulai buka pada awal bulan," katanya.

Motor bekasKOMPAS.com/Gilang Motor bekas

Sebelumnya, saat pemberlakukan PSBB di pertengahan April 2020, Yosia mengatakan penurunan omzet di tempatnya mencapai 90 persen dari keadaan normal.

"Karena orang lebih mementingkan kebutuhan pangan sepertinya, karena kendaraan kan bukan kebutuhan wajib, dan jalanan juga sudah sepi di mana-mana," katanya waktu itu.

Baca juga: Penjualan Lesu, Diler Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

Senada dengan Yosia, Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, penjualannya pun turun cukup banyak setelah pandemi.

"Semua terkena dampak, penjualan menurun. Mungkin di tengah pandemi ini banyak yang lebih penting dibeli selain motor. Penurunan per tanggal 15 April ini sekitar 50 persen," kata Darwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com