Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Murah Penyelamat Pedagang Motor Bekas di Masa Pandemi

Kompas.com - 17/06/2020, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter otomatik (skutik) tetap primadona masyarakat, bukan cuma di segmen motor baru, tetapi juga di bursa motor bekas yang saat ini terkena imbas penurunan omzet pandemi Covid-19.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta, mengatakan selama pandemi dan pemberlakukan PSBB, skutik merupakan model yang masih bisa terjual.

Baca juga: Harga Motor Matik Bekas di Bawah Rp 10 Juta, Ini Pilihannya

"Matik kelas bawah (Beat, Mio dan lainnya) masih (laku). Kemarin-kemarin yang laku juga masih matik," kata Yosia kepada Kompascom, Rabu (17/6/2020).

Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah setia kasih motor doc Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, di tengah pandemi saat ini penjualan motor yang masih cukup baik ialah segmen skutik entry level.

"Macem macem sih, tapi paling laku Honda, skutik seperti Beat sama Vario. Yamaha Nmax juga masih laku," katanya.

Baca juga: Kredit Motor Sudah Bisa Pakai Uang Muka Ringan

Tak pelak masyarakat memang mencari skutik di masa pandemi seperti saat ini, terutama bagi yang ingin punya motor tapi harga miring maka pilihannya ialah skutik bekas.

Di segmen motor baru pun skutik masih merajai penjualan di tengah pandemi Covid-19. Seperti disebutkan Astra Honda Motor (AHM) sampai April kontribusi penjualan matik untuk Honda mencapai 86 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com