Siapa Sih yang Masih Sanggup Beli Mobil saat Pandemi Begini?

Kompas.com - 17/06/2020, 09:02 WIB
Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019 Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi virus corona telah mempengaruhi minat konsumen dalam membeli kendaraan. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan secara ritel pada Mei 2020 hanya mencatat 17.083 unit, atau turun 91,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 94.111 unit.

Walaupun mengalami penurunan signifikan, ternyata masih ada segmen konsumen yang bisa, rela, atau mampu mengeluarkan uangnya untuk beli mobil baru.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, secara umum konsumen yang paling terpengaruh pandemi adalah segmen pembeli mobil pertama yang berkontribusi sekitar 50-55 persen.

Baca juga: Investasi Pabrik Mesin Xpander Batal, Nissan Angkat Tangan

Pabrik Toyota yang ada di Turki.Autocarpro.in Pabrik Toyota yang ada di Turki.

Sementara, segmen yang bertahan menurut Anton adalah pembeli mobil tambahan. Yaitu konsumen yang sudah memiliki mobil, dan membeli mobil lagi untuk kebutuhan saat pandemi.

First buyer tetap besar ya, tapi mengalami penurunan. Kenapa mengalami penurunan? Saya rasa pasti impact ekonominya paling terasa di segmen bawah,” ujar Anton, dalam diskusi virtual (15/6/2020).

Anton menambahkan, selain itu ada juga faktor perusahaan leasing yang lebih ketat dalam memberikan kredit kepada konsumen.

Baca juga: Usai Thailand, Begini Kabar Kehadiran Fortuner 2020 di Indonesia

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza
 

Terutama buat konsumen yang kemampuan membayar down payment (DP) di bawah 20 persen.

“Jadi yang masih bertahan, segmen yang masih benar-benar memiliki uang, walaupun sebagian kecil masih kredit tapi membayar DP 20 sampai 30 persen,” ucap Anton.

“Yang masih bertahan lebih banyak segmen additional dan replacement, karena mereka sudah punya modal untuk tukar tambah,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X