Lolos Uji Tabrak, Toyota Bicara Kehadiran Raize di Indonesia

Kompas.com - 16/06/2020, 08:02 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Raize baru saja mendapatkan hasil baik dalam uji tabrak yang dilakukan Japan NCAP (New Car Assesment Program/JNCAP). SUV ini mencetak 85,7 dari total 100 poin atau setara lima bintang.

Ada 10 parameter pengetesan uji tabrak yang dijalani SUV kembar tersebut. Kembaran Daihatsu Rocky ini bahkan bisa meraih lima bintang hampir di setiap pengujian yang dilakukan Japan NCAP.

Misalnya saat uji tabrak bagian depan, mobil ternyata mampu memberikan proteksi baik bagi sopir, penumpang depan dan belakang.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Rp 150 Jutaan, Terios-Rush Tahun Muda sampai CR-V

Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepanghttps://www.nasva.go.jp/ Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepang

Sementara pada uji tabrak di bagian sisi pengemudi, SUV yang diposisikan di bawah Rush maupun Terios ini dapat mereduksi cidera fatal yang dialami sopir.

Hasil sempurna juga diraih Raize dalam pengujian mencegah mobil berpindah jalur, pemantauan bagian belakang mobil, performa lampu depan, serta risiko selip kaki saat menginjak pedal.

Walaupun telah mendapat predikat mobil aman, lewat hasil uji tabrak yang meraih lima bintang, PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya masih belum mau berbicara banyak soal kehadiran Raize di Indonesia.

Baca juga: Efek Pandemi, Harga Mobil Bekas Turun 20 Persen

 

Toyota Raize TRDToyota Toyota Raize TRD

“Wah saya belum bisa jawab tuh. Kami kan belum bisa konfirmasi peluncuran produk ini (Raize), jadi saya belum bisa pastikan apakah akan bareng atau seperti apa,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, dalam diskusi virtual (15/6/2020).

Meskipun belum bisa memastikan model mana yang akan meluncur di tahun ini, menurut Anton, kehadiran produk baru sangat bagus untuk merangsang pasar.

Apalagi pasar otomotif sedang kurang bergairah, menyusul penurunan penjualan lantaran berhentinya aktifitas ekonomi, hingga stopnya produksi mobil sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Baca juga: Sanksi Bagi Pengguna Kendaraan yang Lupa Bawa dan Tak Punya SIM Berbeda

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

“Untuk menstimulasi market di tahun ini, kami pun sudah mempersiapkan. Ada produk baru yang akan kami luncurkan,” ucap Anton.

“Nanti tunggu lah tanggal mainnya, produknya seperti apa nanti kami akan info kalau sudah lebih jelas,” katanya.

Untuk diketahui, Raize maupun Rocky mengusung mesin 1KR-VET berkapasitas 1.00 cc 3-silinder dengan tenaga 98 ps dan torsi 140 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan satu jenis transmisi, yakni otomatis CVT.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X