Perhatikan TWI Ban Mobil Sebelum Mengemudi

Kompas.com - 12/06/2020, 12:42 WIB
TWI ban mobil FathanTWI ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan komponen penting yang ada pada mobil. Bayangkan saja, hanya ban yang menempel ke aspal dari kendaraan kita, sehingga kalau tidak dalam kondisi baik, potensi kecelakaan sangat mungkin terjadi.

Artinya, kondisi ban mutlak wajib diperhatikan, jangan sampai menggunakan karet bundar yang sudah botak.

Ban yang botak sangat berbahaya jika dipakai, apalagi saat hujan atau becek. Ban yang botak tidak bisa mengalirkan air keluar, sehingga bisa menyebabkan aquaplaning.

Sebenarnya ada indikator yang menunjukkan keausan ban, yaitu Tread Wear Indicator ( TWI). Tanda ini bisa menunjukkan tingka keausan ban. Penggantian ban sebaiknya dilakukan ketika TWI sudah keliahatan pada telapak ban.

Baca juga: Sebenarnya Mana yang Lebih Awet, Aki Basah atau Kering?

TWI ban mobilFathan TWI ban mobil

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, tanda TWI bisa dilihat dari segitiga yang ada pada dinding ban, namun TWI nya sendiri bisa dilihat dari telapak ban.

Segitiga yang ada pada dinding ban dibuat untuk menunjukkan dimana TWI berada pada telapak bannya. TWI berbentuk lapisan karet dengan tinggi 1,6 mm di setiap groove dari bannya,” kata Zulpata kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aturan Tidak Sinkron, Pengusaha Bus Bilang Percuma Ada Kelonggaran

Zulpata juga menambahkan kalau lapisan TWI pada telapak ban sudah terlihat, berarti ban sudah tidak direkomendasikan lagi untuk dipakai pada permukaan basah, namun kalau di jalan yang kering bukan menjadi masalah.

Oleh karena itu, sebelum mengemudi sebaiknya cek TWI pada setiap ban. Jika sudah melewati batas TWI, harus lebih berhati-hati ketika melewati jalan yang basah atau genangan air.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X