Waspada, Bahaya Kotoran Burung Terhadap Bodi Mobil

Kompas.com - 11/06/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi mobil dipenuhi kotoran burung karena parkir di luar ruang https://jdstonetalks.files.wordpress.comIlustrasi mobil dipenuhi kotoran burung karena parkir di luar ruang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi menyebalkan bagi setiap pemilik mobil saat mendapatkan kaca atau bodi mobil menempel kotoran burung. Apalagi, ketika mobil tersebut baru saja dicuci.

Selain bisa mengurangi nilai estetika kendaraan, kotoran burung yang menempel pada kaca atau bodi mobil yang didiamkan dalam waktu lama akan sulit untuk dihilangkan.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, mengatakan, kotoran burung mengandung zat korosi bagi bodi mobil, apabila tidak cepat dibersihkan noda ini bisa menyerap ke lapisan cat mobil.

Baca juga: Ban Motor Terasa Peyang, Ini Salah Satu Penyebabnya

Kotoran burung harus langsung dibersihkan sesegera mungkin, untuk melindungi kaca atau bodi mobil dari kerusakan. Kalau baru-baru bisa dihilangkan menggunakan kompon, namun harus hati-hati saat membersihkannya,” Christopher kepada Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Ilustrasi Coating MobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Coating Mobil

Christopher menambahkan, salah satu cara untuk meningkatkan proteksi bodi mobil dari ancaman kotoran burung, adalah dengan coating. Melapisi bodi mobil dengan selimut lapisan cat baru.

Baca juga: Malas Cuci Motor Bisa Bikin Shockbreaker Bocor

“Memang cara ini tidak bisa mencegah burung untuk tidak membuang kotoran pada mobil kita, tapi setidaknya dengan coating bisa memberikan efek hydrophobic (daun talas) pada mobil. Sehingga bodi mobil bisa terlindungi dari ancaman hal eksternal, seperti getah pohon, atau kotoran burung yang bisa membuat bodi mobil berubah warna,” katanya.

Oleh sebab itu, pemilik mobil sebaiknya tidak menganggap sepele kotoran burung yang menempel pada kaca atau bodi mobil. Selain dapat mengganggu pengendara, kotoran tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada bodi mobil.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X