Kompas.com - 10/06/2020, 17:41 WIB
Garis pada ban motor Stanly/OtomaniaGaris pada ban motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting yang ada pada kendaraan, sebab fungsinya yang sangat krusial karena berhadapan langsung dengan aspal.

Meski demikian, nyatanya kompenen tersebut paling sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang terjadi pada ban yaitu flat spot.

Flat spot terjadi lantaran motor yang terlalu lama didiamkan dan permukaan ban langsung terkena lantai. Hawa dingin pada lantai menyebabkan bagian ban yang menempel menjadi rata atau flat.

Lantas, jika kondisi tersebut sudah terjadi, bisakah diperbaiki?

Baca juga: Sepanjang Mei 2020 Toyota Hanya Jual 6.727 Unit Mobil.          

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, mengatakan, tidak ada cara untuk memperbaiki ban yang sudah mengalami flat spot.

Periksa ban motorShutterstock Periksa ban motor

“Cara memperbaiki tidak ada, namun bisa dicegah dengan cara mengatur tekanan ban dengan standart. Kemudian, apabila motor tidak digunakan dalam waktu yang lama, hindari ban menyentuh lantai langsung,” ujar Ribut, kepada Kompas.com (10/6/2020)

Baca juga: Apa Betul Lampu LED Mobil Sulit Menembus Kabut?     

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, menambahkan, berkendara dengan ban motor yang mengalami flat spot bisa mengganggu kestabilan dari motor tersebut.

“Ketika berkendara, jalan yang dilewati akan terasa bergelombang,” katanya kepada Kompas.com.

Agus menambahkan, jika pengendara mengalami hal tersebut sebaiknya langsung melakukan pergantian ban, agar berkendara lebih nyaman dan aman, terutama ketika ingin bermaanuver.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.