Upgrade Mesin Vespa Smallframe Andre Taulany Habiskan Rp 55 Juta

Kompas.com - 11/06/2020, 08:22 WIB
Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: IstimewaVespa Special 90 Andre Taulany

BEKASI, KOMPAS.com - Tak ingin tertinggal lagi saat riding Vespa dengan teman yang lain membuat Andre Taulany memutuskan untuk meningkatkan performa mesin Vespa Special 90 besutan 1979 miliknya.

Tak main-main, Andre kemudian menghubungi PT Scooter Victory Inter Part, distributor resmi produk Polini dan Malossi di Indonesia, yang juga punya bengkel Scooter VIP di Bekasi untuk menggarap motornya.

Baca juga: Ban Motor Terasa Peyang, Ini Salah Satu Penyebabnya

Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: Istimewa Vespa Special 90 Andre Taulany

"Mereka khusus modifikasi dan upgrade mesin Vespa modern, untuk Vespa klasik hanya jual part saja tapi tidak menerima pengerjaan, akhirnya saya tantang mereka modifikasi Vespa saya," kata Andre dalam rilis Scooter VIP, Rabu (10/6/2020).

Tantangan pun diterima Scooter VIP. Abdul Rosyid, sang kepala bengkel langsung putar otak untuk menjejalkan komponen yang sesuai untuk mesin Vespa Special 90 milik Andre.

Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: Istimewa Vespa Special 90 Andre Taulany

Sebetulnya bukan hal sulit meningkatkan kemampuan mesin Vespa Special 90 jika menyangkut Polini dan Malossi, sebab kedua merek aftermarket ini banyak membuat komponen bolt on untuk mesin smallframe. 

Karena blok mesin bawaan sudah menggunakan Malossi MK4 cast iron dengan diameter 57,5mm, Rosyid cukup membersihkan dan dibesarkan lubang transfer porting agar aliran bensin lebih lancar.

Baca juga: Beli Motor Ducati Bebas Bea Balik Nama Hingga Juni 2020

Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: Istimewa Vespa Special 90 Andre Taulany

"Tapi ring piston dan gasket ganti baru, kruk as pakai Polini tipe evolution pin 15 dengan stroke 52,8 full circle. Intake pakai direct intake Malossi ke blok, dan kami tutup lubang pengisapan bawaannya yang di bagian crankcase-nya," kata Rosyid.

Karburator menggunakan Polini tipe PWK diameter 26 dengan mainjet antara 105-120. Untuk kopling karena takut selip saat rpm tinggi pakai Polini double spring dan kanvas koplingnya menggunakan Malossi berbahan carbon.

Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: Istimewa Vespa Special 90 Andre Taulany

Pengapian pakai CDI, komponen lain seperti magnet, rotor dan spul pakai Polini analog cone 20 agar pengapiannya besar dan terbakar sempurna di ruang bakar.

Untuk knalpot motor warna ''hijau hansip'' itu menggunakan Polini evolution 2 dengan leher besar. Rosyid mengatakan sengaja memlih evolution 2 agar motor masih nyaman digunakan harian.

Vespa Special 90 Andre Taulany Foto: Istimewa Vespa Special 90 Andre Taulany

"Kaki kaki depan dan belakang menggunakan suspensi Malossi tipe RS24. Pengereman masih tromol, tapi kanvas rem depan Malossi berbahan non asbes dan sangat pakem," kata Rosyid.

Rosyid mengatakan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 55 juta. Tapi itu belum final sebab tergantung Andre apakah sudah puas atau belum, seperti bagian pelek dan ban belum tersentuh.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X