Mugello Keluar dari Kalender Balap MotoGP 2020

Kompas.com - 11/06/2020, 08:42 WIB
Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP) VINCENZO PINTOSuasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)


MUGELLO, KOMPAS.com - MotoGP Italia di Sirkuit Mugello akhirnya dinyatakan batal menggelar balapan musim ini. Mugello merupakan sirkuit kedelapan yang batal karena adanya pandemi Covid-19.

"Dengan hati yang berat kami mengumumkan pembatalan Mugello," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, dalam keterangan resmi, Rabu (10/8/2020).

Baca juga: Alasan Tangki Motor Balap MotoGP Diselimuti Sebelum Balapan

"Sayangnya, kami tidak dapat menemukan solusi untuk masalah logistik dan operasional yang dihasilkan dari pandemi dan penataan ulang kalender untuk memungkinkan kami mengunjungi tempat ini," katanya.

Valentino Rossi dan Danilo Petrucci di MugelloCrash.net Valentino Rossi dan Danilo Petrucci di Mugello

"Ini kehilangan besar karena Mugello adalah salah satu sirkuit terindah di dunia dan kami sangat bangga menyebutnya sebagai Grand Prix Italia," kata Ezpeleta.

Dengan batalnya Mugello maka seri Italia lain tinggal San Marino atau Sirkuit Misano yang rencananya digelar September mendatang. Menggelar balaan dua kali sekaligus.

“Atas nama Dorna, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas pengertian dan kesabaran yang telah ditunjukkan saat kami menunggu situasi membaik. Kami sangat menantikan untuk kembali ke Mugello musim depan untuk balapan akhir pekan yang menakjubkan,” katanya.

Baca juga: Balap Motor Nasional Terapkan Protokol Kesehatan seperti MotoGP

Jorge Lorenzo tengah menikung pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019. AFP/TIZIANA FABI Jorge Lorenzo tengah menikung pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019.

Sirkuit Mugello pertama kali menjadi tuan rumah Grand Prix pada tahun 1976, dan menjadi sirkuit resmi balapan pada 1991. Artinya 2020 merupakan musim pertama Mugello absen jadi tuan rumah selama hampir 30 tahun.

Hilangnya Mugello membuat Dorna kembali merevisi kalender balap 2020. Disebut kemungkinan balapan musim ini hanya akan digelar di Eropa, namun itu juga masih melihat situasi.

Dari delapan sirkuit Eropa yang belum dibatalkan, tanda tanya terbesar kini yaitu apakah MotoGP Prancis di Le Mans akan dimasukkan dalam kalender 'final' atau tidak.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X