Cerita Stoner Pindah dari Honda Karena Tekanan Marquez

Kompas.com - 10/06/2020, 14:03 WIB
Casey Stoner. MOTORSPORT.comCasey Stoner.
|

JEREZ, KOMPAS.com - Selain meraih dua gelar juara dunia, Casey Stoner juga pernah jadi pebalap tes Honda dan Ducati. Tugasnya cukup penting yaitu mengarahkan pengembangan motor baru.

Pebalap Australia itu jadi pebalap tes Honda pada 2013 - 2015. Kemudian Stoner pindah jadi pebalap tes Ducati pada 2015-2018.

Berbincang dengan mantan pebalap MotoGP Chris Vermeulen, Stoner mengatakan the young gun alias senjata muda Honda pada saat itu yang merujuk pada Marc Marquez berperan dalam kepergiannya dari Honda.

Baca juga: Beredar Rumors Pol Espargaro Geser Alex Marquez di Repsol Honda

Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Seperti yang Anda tahu, kami memiliki peran tertentu (sebagai pebalap) di sana bersama Ducati. Pada awalnya aku sudah mencoba dengan Honda, tetapi agak diperas oleh young gun, yang tidak ingin aku ada di sana," kata Stoner mengutip Motorsport, Rabu (10/6/2020).

Stoner sendiri awalnya dijadwalkan jadi rekan setim Marquez pada 2013 jika dia tidak mengumumkan pensiun. Tapi karena pensiun Stoner dikontrak jadi pebalap tes, adapun Marquez jadi tandem Dani Pedrosa.

Menariknya, setelah pindah ke Ducati untuk jadi pebalap tes, kerjasama Stoner juga berakhir karena dia menganggap masukannya kurang didengarkan tim.

“Kami harus menyingkir dari peran itu, saya tidak benar-benar merasa seperti saya bisa memberikan kepada tim apa yang saya inginkan,” kata Stoner.

“Saya tahu apa yang diinginkan pebalap, saya tahu kami bekerja dengan sangat baik bersama, tetapi sayangnya pebalap tidak selalu mendapat dukungan dari beberapa produsen," katanya.

“Mereka (produsen motor) hanya melihat data, dan mereka melihat apa yang mereka yakini sebagai arah yang benar padahal mungkin tidak selalu cocok dengan pebalapnya," ucap Stoner.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X