Adaptasi Menyetir dari Kendaraan Kecil ke Kendaraan Besar

Kompas.com - 08/06/2020, 19:25 WIB
Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020 Kompas.comKomparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan kendaraan tentunya membutuhkan latihan agar terbiasa. Pengemudi yang handal sudah mengetahui patokan-patokan pada mobilnya ketika sedang mengemudi di jalan raya.

Namun ada saatnya ketika harus mengemudikan mobil dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya. Bisa jadi ingin mengganti mobil dengan ukuran yang lebih besar agar bisa memuat lebih banyak orang, seperti dari hatchback ganti ke MPV atau SUV.

Lalu bagaimana cara adaptasi yang cepat bagi pengemudi yang biasa menyetir mobil kecil menjadi besar?

Baca juga: Boleh Angkut Penumpang Lagi, Ojek Online Terapkan Protokol Kesehatan

Opel Blazer jadi salah satu SUV yang kini dihargai dengan harga bersahabatGridOto.com Opel Blazer jadi salah satu SUV yang kini dihargai dengan harga bersahabat

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, untuk dimensi kendaraan sebenarnya ada patokan-patokan yang dapat digunakan.

“Baik mobil kecil atau besar, ada patokan-patokan yang bisa digunakan. Jadi tidak perlu adaptasi sebenarnya. Paling adaptasi pada bagian instrumen kontrol kendaraan seperti pedal dan kemudi,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Marcell menjelaskan, pada mobil ada patokan pilar kendaraan untuk berbelok dan parkir. Selain itu ada juga patokan menjaga jarak aman dengan melihat ban belakang mobil di depan.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Tepergok Mulai Dikirim ke Diler

Kemudian patokan mengatur lajur dengan menggunakan dasbor mobil dan mengetahui posisi ban depan melalui kemudi. Semua patokan tersebut kurang lebih sama untuk semua jenis kendaraan ringan (light vehicle).

“Kalau untuk instrumen kontrol mobil, pengemudi wajib menilai seberapa responsif kemudi, pedal rem, dan pedal gas. Serta kalau mobilnya manual, cek seberapa tinggi pengangkatan kopling yang diperlukan,” ucap Marcell.

Adaptasi instrumen kontrol pada mobil baru tersebut bisa dilakukan dengan cara jalan pelan-pelan. Namun perlu diperhatikan, cari tempat yang aman agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X