Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksir Biaya Perbaikan AC Mobil yang Bermasalah

Kompas.com - 08/06/2020, 12:03 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil agar pengemudi nyaman saat berkendara. Namun, bagian ini juga kerap mengalami masalah.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, mengatakan, rata-rata AC tidak berfungsi optimal karena adanya masalah pada kompresor.

Kondisi ini terjadi karena ada permasalahan di bagian internal komponen atau sudah masuk jangka waktu pergantian atau perawatan.

Baca juga: Ratusan Klub Mobil Halal Bihalal Online

“Penyebabnya macam-macam, bisa karena tekanan kompresornya berkurang, masalah di freon, dan sebagainya. Secara umum, pergantian oli kompresor itu dilakukan setiap 40.000 kilometer sekali,” ujar Kelvin kepada Kompas.com.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Kelvin melanjutkan, biasanya pengemudi akan merasa gerah atau punggung terasa hangat, jika AC mobil sudah tidak bekerja secara optimal.

Baca juga: Yamaha Tunggu Ragulator Bisa Gelar Kejuaraan Balap

“Ini terjadi khususnya pada siang hari. Tangan memang terasa dingin, tapi punggung masih hangat dan berkeringat. Jika speed AC-nya dinaikan, mulai terasa. Tapi seiring berjalannya waktu, yang terasa hanya angin saja,” katanya.

Adapun biaya perbaikan AC mobil tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis mobilnya. Namun, Kelvin mengatakan, rata-rata biaya servis mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.

“Itu termasuk pergantian spare part. Jika pergantian medium, sekitar Rp 1 juta. Ini pengerjaannya bisa tanpa bongkar. Sementara untuk servis besar, mulai dari Rp 1,5 jutaan termasuk flusing system dan pergantian oli kompresor,” ujar Kelvin.

Tapi, untuk menebus kompresor baru yang orisinal, biayanya terlogong lumayan. Misalnya, untuk Toyota Avanza saja, satu unit kompresor buatan Denso banderolnya Rp 1,6 juta. Harga ini biasanya semakin tinggi, seiring dengan segmen mobil yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com